Jangan Biarkan Budaya Lokal Pudar

Palangka Raya, Kalteng - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palangka Raya menggelar dialog budaya, Senin (3/8) pagi. Alasannya, untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap budaya lokal, sehingga tidak pudar.

Sebab, seiring perkembangan zaman tak sedikit dari masyarakat Kalteng khususnya Palangka Raya, yang betul-betul mengenal dan memahami nilai-nilai budaya yang ada di daerahnya sendiri.

“Peserta yang hadir merupakan tenaga pendidik. Sementara, narasumbernya merupakan budayawan,” kata Kepala Disdikbud Kota melalui Kabid seni budaya Sonto, di aula pertemuan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota.

Menurutnya, menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat sangat penting dilakukan. Bahkan, kecintaan akan budaya ini harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Kalteng.

“Dengan adanya kegiatan ini kami ingin mencoba membahas hal apa saja yang dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya itu sendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, tenaga pendidik seperti kesenian daerah dan muatan lokal di tiap tingkatan pendidikan sudah mumpuni, sehingga dalam pengenalan akan nilai-nilai budaya kepada peserta didik sudah dapat diajarkan sejak dini.

“Kita inginnya, wawasan akan budaya tidak hanya dikenal saat dewasa, tapi juga saat generasi kita duduk di bangku sekolah dasar,” urainya.

Sementara, Ketua Panitia Winfried menuturkan, dalam rangka meningkatkan pariwisata melalui seni dan kebudayaan, dirinya berharap agar para peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat memberikan masukkan.

“Peserta harus terlibat aktif memberikan masukan bersama dengan budayawan sebagai narasumber yang hadir, dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya di masyarakat kita,” tuturnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign