Maret, Temu Sastrawan Numera

Sawahan, Sumbar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang pada 16-18 Maret 2012 menggelar iven internasional, Temu Sastrawan Numera (Nusantara Melayu Raya). Iven ini diharapkan dapat mempromosikan pariwisata Kota Padang khususnya dan Sumbar umumnya.

Sebab para pesertanya melibatkan para sastrawan dari negara tetangga, di antaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Filifina, Singapura dan Thailand.

“Panitia sudah dibentuk dan saya berharap semua dapat bertugas dengan baik. Kami sambut para tamu dari luar negeri sebaik mungkin,” ujar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Padang, Edi Hasymi.

Ketua Pengarah Temu Sastrawan Numera Sastri Y Bakry mengatakan, Temu Sastrawan Numera digagas Sastrawan Negara Malaysia Dato’ Ahmad Kamal Abdullah (Kemala). Untuk kegiatan di Padang digagas oleh penulis-penulis muda.

TSN-1 ini bertema ‘Sastra, Bahasa, dan Budaya Melayu’. Rangkaian kegiatan meliputi, Seminar Internasional, Silaturahim Sastrawan, Lomba Baca Puisi, Bazar dan Peluncuran Buku, Malam Baca Puisi bersama Sastrawan Numera, serta Wisata Sastra.

Khusus Silaturahmi Sastrawan, jelas Sastri Bakry, bertujuan mengkaji persoalan-persoalan yang berhubungan dengan budaya dan sastra Melayu. Kegiatan ini diikuti para sastrawan yang diundang dari negara-negara terkait. Kegiatan diskusi direncanakan di Taman Budaya Sumatera Barat.

Menurut Sastri, seluruh peserta TSN yang diundang mendapat fasilitas akomodasi dan penginapan, transportasi selama 2 hari (16-17 Maret 2012). Transportasi peserta dari daerah asal ke lokasi acara ditanggung masing-masing peserta.

Di penghujung acara peserta akan mengikuti agenda wisata sastra, salah satunya mengunjungi Rumah Puisi Taufiq Ismail di Aie Angek Tanahdatar.

-

Arsip Blog

Recent Posts