Cibinong Gelar Festival Dongdang

Bogor, Jabar - Festival budaya Dongdang kembali akan digelar di sepanjang Jl. Raya Tegar Beriman, Cibinong pada Sabtu (9/3) mendatang. Pesta rakyat yang dikaitkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW ini bakal menghabisikan dana APBD Rp 1,2 miliar.

Anggaran sebesar itu akan dibagikan kepada 2.300 perserta dongdang yang terbagi dalam beberapa kelompok, seperti SKPD dan Muspika, serta kelompok organisasi dan pemerintahan desa.

Dalam bahasa Sunda Dongdang diartikan tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan.

Ukuran dongdang, panjang satu meter, lebar 80 cm, dan tinggi disesuaikan. Dongdang dihiasi ornamen tradisional adat Sunda atau Islami dan berisikan makanan atau hasil pertanian. Peserta penggiring berjumlah 15 orang juga berpakaian Sunda atau muslim. “Usai rangkaian kegiatan, isi dongdang ini diperebutkan penonton,” kata Kepala Dinas Budaya danParwiwiatas Kabupaten Bogor Rajat Suryana, Rabu.

Dia berharap festivial dongdang ini bisa menjadi kegiatan nasional seperti peranyaan Grebegan di Solo atau di Yogyakarta. “Sehingga dapat menarik wisatawan domestik dan asing. Festival dongdang kali ini sudah yang kelima kalinya,”tambahnya.

Dari pengalaman sebelumnya, festival ini selalu dibanjiri puluhan ribu penonton, sementara petugas keamananya hanya puluhan orang. Tak heran banyak penonton dan peserta menjadi korban kecopetan atau sepeda motonya hilang dan kaca spion mobilnya dicongkel penjahat.

“Sebab itu kita akan meminta bantuan 500 personil Polres Bogor dan 300 petugas Satpol PP,” timpal Kabid Komunikasi Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor Erwin Suriana.

-

Arsip Blog

Recent Posts