Rayakan Ultah Sultan, Ternate Gelar Festival Legu Gam

Jakarta - Untuk mempertahankan tradisi, Kesultanan Ternate di Provinsi Maluku Utara kembali menyelenggarakan Festival Legu Gam 2013. Festival ini merupakan pesta rakyat untuk merayakan hari lahir Sultan Ternate yang ke-48.

"Festival ini ada, selain sebagai pesta rakyat, menjaga tradisi dan budaya, juga untuk mempertahankan eksistensi kesultanan yang masih ada di Indonesia, khususnya Kesultanan Ternate," kata Boki Ratu Nita Budhi Susanti, Permaisuri Kesultanan Ternate, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Festival ini menjadi penyelenggaraan ketiga belas, sejak pertama kali digagas oleh Boki Ratu pada 2002. "Akan ada banyak acara menarik selama festival ini berlangsung, dimana rakyat Ternate semuanya akan berpartisipasi," ujarnya.

Festival Legu Gam akan dibuka pada 30 Maret 2013 dengan Pawai Obor "Gam Ma Cahaya", kemudian upacara peresmiannya pada 31 Maret 2013. Seterusnya hingga 13 April 2013 akan ada berbagai macam acara menarik setiap harinya, mulai dari Legu Gam Expo, Kirab Budaya, Tari Soya-Soya di dalam laut, dan masih banyak lagi.

Puncak acara adalah pada 13 April 2013, yaitu pada hari ulang tahun Sultan Ternate, Sultan Mudaffar Sjah. Pada hari itu, akan ada acara Beronggeng Semalam Suntuk untuk hiburan rakyat.

“Beronggeng adalah waktunya menari semalam suntuk. Ternate adalah pulau kecil yang minim hiburan, dengan Beronggeng ini kami sediakan waktu bagi rakyat Ternate untuk menghibur diri sepuasnya,” tukas Boki.

Dikatakan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Festival Legu Gam bertujuan mempromosikan budaya Kesultanan Ternate. Selain itu, memperlihatkan kepada wisatawan tempat-tempat menarik di Ternate.

"Ternate sekarang sudah maju menjadi sebuah destinasi wisata. Dengan adanya empat kali penerbangan setiap pekan, wisatawan akan semakin mudah mencapai Ternate," ujar Sapta pada kesempatan sama.

Kesultanan Ternate di Maluku Utara menaungi empat wilayah, yakni Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan. Ternate juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, yang juga akan dipamerkan di festival tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts