Bau Nyale Dipusatkan di Pantai Seger

Lombok, NTB - Core event Bau Nyale tahun ini dipusatkan di pantai Seger, Kute Kabupaten Lombok Tengah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut legenda, di pantai inilah putri Mandalika menceburkan diri ke laut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Putria menjelaskan, perayaan pesta Bau Nyale tahun ini menelan biaya Rp 244 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lombok Tengah.

“Dana itu akan dialokasikan ke beberapa kegiatan yang akan diadakan panitia penyelenggara,” jelas Putra kepada LOMBOKita di kantornya, belum lama ini.

Beberapa jenis lomba yang diadakan, lanjut Putria, diantaranya, pemilihan putri Mandalika 2013, pacuan kuda, pasar murah, peresean, parade budaya putri Mandalika, bersih pantai, pembuatan panggung acara sebesar 10 x 20 meter.

Selain itu, katanya, core event Bau Nyale tahun ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Gendang Beleq, tarian khas Sasak, penampilan drama Putri Mandalika dan beberapa hiburan rakyat lainnya.

Ritual Bau Nyale tahun ini, katanya, akan dilakukan pemangku 4 penjuru mata angin di Gunung Seger. Putri Mandalika tahun ini akan diponggok (usung) oleh Juli Jempane.

“Menurut prediksi mangku, Nyale tahun ini akan banyak didapatkan oleh masyarakat kalau melihat dari tanda-tanda alam yang ada saat ini,” kata keturunan Raja Siledendeng ini.

-

Arsip Blog

Recent Posts