Taman Budaya Terbuka Untuk Umum

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merevitalisasi taman-taman budaya di Indonesia. Di Indonesia terdapat 25 taman budaya.

Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, nantinya taman-taman budaya tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkreasi dan aktivitas kebudayaan.

"Masyarakat bisa melakukan apa saja dalam konteks kebudayaan. Taman budaya, kalau di Yogyakarta contohnya, bisa dipakai untuk pameran lukisan," ujar Wiendu dalam sebuah kesempatan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan taman budaya tidak akan dipungut biaya.

Selain taman budaya, Kemendikbud juga mengembangkan Rumah Budaya Nusantara. Konsepnya hampir serupa dengan taman budaya tapi hanya untuk memfasilitasi perkembangan dari cikal bakal kebudayaan masyarakat yang telah ada sehingga keberadaannya akan mencapai pelosok-pelosok desa.

"Rumah budaya itu harus dimulai dari suatu masyarakat. Jadi, sudah ada embrio kebudayaan. Misalnya, satu kampung sudah memiliki kegiatan kebudayaan, kemudian kami sediakan fasilitasnya dengan membangun rumah budaya ini," papar Wiendu

Saat ini sebanyak dua rumah budaya sudah dibangun di tiap-tiap provinsi. Sehingga total sudah sebanyak 68 rumah budaya yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts