Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Seni Budaya

Subang, Jabar - Ribuan peserta memeriahkan Pawai alegoris seni budaya serta berbagai produk maupun komoditas unggulan dari berbagai daerah di Kabupaten Subang diikuti ribuan peserta, Rabu (2/4/2014). Kegiatan yang melibatkan berbagai kalangan itu sekaligus menandai dimulainya rangkaian peringatan Hari Jadi ke-66 Subang yang jatuh pada tanggal 5 April 2014.

Peserta pawai maupun warga sudah memadati ruas jalan dikawasan Soklat hingga Otista sejak pagi. Rombongan baru mulai bergerak dari Alun-alun Subang sekitar pukul 9.00 WIB. Antrian peserta cukup panjang, sehingga ruas jalan S. Parman - Mesjid Agung hingga Otista. Mereka bergerak hingga melintasi podium utama di depan STIESA Subang, dan menampilkan atraksi dihadapan Bupati, Wakil Bupati, Muspida serta tamu undangan lainnya.

Dalam iring-iringan rombongan pawai, seperti dari SKPD, kecamatan, dan kelurahan, maupun instansi swasta di Subang menyertakan pula mobil hias. Malahan hampir sebagian besar mobilnya dihias dengan menyajikan berbagai produk maupun komoditas di daerahnya. Peserta pawainya juga hampir sebagian mengenakan pakaian adat, pakaian unik serta menampilkan seni dan tradisi yang ada di wilayahnya masing-masing. Lautan manusia berpakaian adat mengalir, mereka bergerak bersama mobil hias mulai dari soklat dan berakhir di wesel. Hal itu membuat suasana di pusat Kota Kabupaten Subang menjadi semarak.

Warga dari berbagai kalangan usia antusias menyaksikan pawai. Mereka sejak pagi sudah berderet di ruas jalan yang akan dilalui rombongan. Setiap rombongan melintas disambut dan mengelu-elukan. Kemacetan lalu lintas selama berlangsung pawai seakan tak dihiraukan warga. Mereka larut menikmati pawai yang digelar tahunan tersebut, sekaligus menampilkan berbagai kekhasan daerah dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

"Sekali-kali macet seperti ini gak apa-apa. Yang penting sebagian besar warga bisa menikmati dan senang dengan acara seperti ini," ujar Endang seorang warga Dawuan yang sengaja datang ingin menyaksikan pawai.

Warga lainnya, Asep berharap ke depannya acara pawai seni budaya seperti ini penyajiannya bisa ditata lebih baik lagi. Apabila itu dilakukan, bukan mustahil bukan hanya dinikmati warga tetapi akan mampu mengundang warga berbagai daerah diluar Subang datang. "Malahan kalau penataannya bagus, bisa menjadi agenda tahunan yang mampu mengundang wisatawan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Subang Ojang Sohandi berjanji akan terus menggelar pawai seni budaya dengan menampilkan berbagai keunikan dan kekhasan di berbagai daerah bisa dilaksanakan setiap tahun. Apalagi sambutan dan antusiasme warga juga begitu besar terhadap kegiatan ini.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut mampu memberikan gambaran tentang berbagai perkembangan seni, budaya, dan pembangunan di daerahnya. Dengan demikian warga yang menyaksikan bisa mengenal kesenian dan budaya, serta perkembangan daerahnya. "Peringatan hari jadi ke 66 tahun ini diharapkan Subang bisa lebih maju lagi," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts