Dua Sastrawan Melayu Ceramah di Paris dan Leiden

Pekanbaru, Riau - Dua sastrawan Melayu masing-masing SPN Fakhrunnas MA Jabbar dan Ramon Damora, Ahad (11/4), bertolak ke Paris, Prancis. Keduanya diundang oleh Institut National des Langues Civilization Orientales (INACO) Paris untuk berceramah tentang Sastra Melayu di Riau-Kepri sekaligus baca puisi dan cerpen di depan mahasiswa jurusan sastra dan Bahasa Indonesia di kampus tersebut.

Selain itu, kedua sastrawan juga akan mampir di Universitas Leiden, Belanda untuk perbincangan sastra dan masalah-masalah sosial-budaya Indonesia. Beberapa dosen asal Indonesia mempersiapkan kegiatan dimaksud.

Fakhrunnas MA Jabbar dalam keterangannya kepada pers, Jumat (10/4) menjelaskan, keberangkatan dirinya dan Ramon sebenarnya menjadi kebanggaan bagi Provinsi Riau dan Kepri karena secara tak langsung memperkenalkan dan mempromosikan kedua provinsi di Eropa.

Dijelaskan, selama berada di Paris, kedua penyair akan memberikan ceramah tentang sastra dan kebudayaan Melayu bagi kalangan civitas akademika dan peminat sastra Indonesia di kampus INALCO. Selanjutnya keduanya akan membacakan puisi dan cerpen di depan para mahasiswa sekaligus berdiskusi tentang puisi dan cerpen yang dibacakan.

Selama kegiatan, kedua sastrawan akan didampingi dan dipandu oleh Dr Etienne Naveau, Ketua Jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia INALCO yang dulu pernah menjadi dosen tamu di UI, Jakarta.

Setelah dari Paris, kata Fakhrunnas, kedua sastrawan akan mampir di Universitas Leiden, Belanda untuk kegiatan yang hampir sama. ‘’Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Dr Suryadi Sunuri, dosen asal Indonesia alumni UI dan Pak Koko Sudarmoko yang juga mengajar di sana.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign