Pesta Adat ’Dodol Bergema’ Berpotensi Datangkan Wisatawan

Pangkalpinang, Babel - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi mengatakan pelestarian pesta adat dodol bergema di Desa Penyampak Kabupaten Bangka Barat perlu dioptimalkan, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Pesta adat dodol harus terus dilestarikan, agar wisatawan tidak hanya menyaksikan keindahan alam saja tetapi juga keunikan adat dan budaya masyarakat di daerah ini," kata Rustam Effendi saat menyaksikan pesta adat dodol bergema di Desa Penyampak, Selasa.

Ia mengatakan, Babel memiliki keragaman adat dan budaya yang unik dan perlu ditonjolkan serta harus dilestarikan untuk mendukung kemajuan pariwisata.

"Setiap desa memiliki keunikan seni budaya yang berbeda, mulai dari dodol bergema, perang ketupat Desa Tempilang, mandi belimau, ruwahan dan tradisi unik lainnya," ujarnya.

Menurut dia pelestarian budaya masyarakat ini agar menjadi faktor penunjang pariwisata untuk menenarik banyaknya wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

"Kami telah menyediakan anggaran agar pelestarian seni budaya di masing-masing desa lebih optimal," ujarnya.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata diminta untuk mengalokasikan anggaran pelestarian seni budaya masyarakat ke masing-masing masyarakat desa.

"Kami akan usulkan agar semua desa yang menggelar pesta adat dapat bantuan pendanaan dari pemerintah, sehingga kegiatan masyarakat lokal lebih meriah dan dikenal masyarakat luar," ujarnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign