Pagelaran Wayang Tutup Festival Indonesia di Ceko

Jakarta - Pagelaran Wayang Golek Ajen yang dimainkan dalang Wawan Gunawan dari Jawa Barat menjadi penutup acara Festival Indonesia 2010 yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha di Kota Plzen, Ceko.

Kuasa Usaha Ad Interim/Counsellor Penerangan, Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata (Pensosbudpar) KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Minggu, menyebutkan, Wayang Golek Ajen yang dimainkan dalang Wawan Gunawan menampilkan cerita Rama-Shinta itu mampu menarik perhatian para pengunjung.

Dalam acara penutupan pagelaran yang dihadiri masyarakat dan Wakil Wali Kota Plzen, Marcela Krejsova, juga ditampilkan lagu dari Ceko, Vcelka Maja, yang dinyanyikan dengan irama gamelan, membuat penonton ikut menyanyi dan menari di panggung.

Festival Indonesia 2010 yang berlangsung sejak 28 Juli merupakan kerja sama KBRI Praha dengan pemerintah Kota Plzen dengan menampilkan tari tradisional, pameran kain tradisional, pameran produk unggulan, pemutaran film, dan ceramah tentang budaya Mingakabau, Sumatra.

Penampilan selama 30 menit ini dibumbui dengan adegan lucu ketika Cepot tampil dengan mengucapkan beberapa patah kata berbahasa Ceko dan direspons para penonton dengan tepuk tangan meriah.

Selain wayang juga ditampilkan tari Merak, Mojang Priangan dan Topeng Klono oleh tim kesenian dari Jawa Barat yang dipimpin oleh Dr. Tetet Cahyati.

Tim Kesenian Jawa Barat secara khusus diundang KBRI Praha dan Asosiasi Folklore Ceko untuk berpartisipasi pada acara folklore di beberapa daerah.

Selain tampil di Plzen untuk menutup Festival Indonesia 2010, tim kesenian ini juga tampil di Sumperk, Liptal, Praha dan Velka Bystrice.

Rombongan yang terdiri dari penari, pemain gamelan, dalang, pembatik dan fotografer ini berada di Ceko sejak 16 Agustus.

Selama keliling ke beberapa daerah, mereka tampil bersama berbagai tim kesenian dari negara lain untuk memeriahkan folklore festival di kota-kota yang mengundang. (U.H-ZG/A041/P003)

-

Arsip Blog

Recent Posts