Festival Hadrah Lestarikan Budaya Tradisional

Surabaya, Jatim - Masih dalam suasana lebaran, warga Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, menggandeng PT Holcim Indonesia, menggelar festival musik tradisional Hadrah. Hadrah adalah sejenis kesenian musik tradisonal yang biasa dipentaskan dalam even keagamaan dan sangat diminati masyarakat Tuban.

Festival Hadrah ini diikuti 6 desa, antara lain, Desa Sawir, Merkawang dan Glondonggede di Kecamatan Tambakboyo. Desa Karangasem di Kecamatan Jenu, serta Desa Mliwang dan Kedungrejo di Kecamatan Kerek. Setiap desa mengirimkan 2 grup, masing-masing terdiri dari 7-10 orang.

Mereka menampilkan kreasinya masing-masing dalam 2-3 lagu. Festival Hadrah dalam bentuk eksebisi ini menjadi salah satu rangkaian acara yang menyemarakkan perayaan Idul Fitri tahun 1431 H. Festival Hadrah ini dilakukan melalui kerjasama anggota KPD di wilayah desa-desa yang berdekatan tersebut.

“Kami mengharapkan acara ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus menjaga kelestarian khasanah budaya tradisional yang bernilai budaya tinggi dan sebagai hiburan bagi masyarakat,”ungkap UMMU AZIZAH Community Relations Manager, dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (27/09). (tin)

-

Arsip Blog

Recent Posts