Festival Danau Ranau, 9-10 Oktober

Liwa, Lampung - Festival Danau Ranau ke-IV Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, akan dilaksanakan pada 9 hingga 10 Oktober 2010.

"Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemkab Lampung Barat dalam mempromosikan pariwisata Danau Ranau akan dilaksanakan pada Bulan Oktober, dengan menampilkan kebudayaan khas masyarakat pesisir danau," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat, Arif Nugroho, di Liwa, Lampung Barat, Senin (20/9/2010).

Dia memprediksi acara tersebut akan menyedot ribuan masyarakat. "Seperti tahun lalu, pelaksanaan Festival Danau Ranau III menyedot perhatian ribuan orang. Selain itu, turis asing yang datang tidak akan ketinggalan untuk menyaksikan pagelaran ini," katanya.

Kemudian, lanjut Arif, atraksi perlombaan yang digelar unik dan menarik. "Rangkaian acara yang digelar nanti, akan menyuguhkan atraksi kebudayaan, juga kebiasaan masyarakat yang berada di Danau Ranau, sehingga suguhan acara ini unik dan menarik dan akan mampu menyedot animo penonton," kata Arif.

Kegiatan tahunan itu juga menyuguhkan masakan khas Danau Ranau. "Selain pagelaran budaya dan tangkai lomba lain, panitia juga menggandeng pengusaha makanan yang berada dekat di area danau untuk ikut meramaikan acara ini, dengan menyuguhkan aneka masakan khas danau, sehingga acara ini akan semakin semarak," katanya.

Festival Danau Ranau IV menjadi salah satu agenda kegiatan pariwisata Kabupaten Lampung Barat setiap tahunnya. Kegiatan yang di Gelar di Pekon Lumbok, Kecamatan Seminung Lumbok, akan menampilkan kegiatan tradisional masyarakat pesisir danau, di antaranya, Ngekha’as (Menombak ikan), Trhilon Tradisional, Tarik Tambang Jukung, Perahu Hias, dan Jet Sky.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan atraksi Topeng Sakura, salah satu kebudayaan masyarakat Lampung Barat, selain itu jenis tarian lain juga akan ditampilkan di acara ini, yang mana dari tarian yang ditampilkan menjadi juara parade tari nasional.

Kegiatan yang akan digelar pada 9-10 Oktober 2010 itu akan memberikan hiburan sekaligus memberikan dampak yang baik pada pariwisata di Lampung Barat, terlebih akan kunjungan wisata di daerah ini.

Danau Ranau menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Lampung Barat, sehingga dengan festival yang akan digelar itu dapat berpengaruh untuk mempromosikan pariwisata danau, di tingkat Nasional dan Internasional.

"Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan berharap semua kalangan dapat mendukung, agar acara yang digelar ini sukses, sehingga target promosi pariwisata dan budaya Lampung Barat dapat maksimal," kata Arif lagi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign