Penari Keraton Surakarta Tampil di Kutai Timur

Solo, Jateng - Rombongan penari yang dipimpin penguasa Keraton Kasunanan Surakarta Paku Buwono XIII Tejowulan akan tampil di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, 23 September 2010.

Rombongan penari itu akan meninggalkan Solo pada 22 September 2010 dan akan membawakan tari `Bedoyo Singopati dan Panem Bromo`di depan warga keturunan Jawa di Kutai Timur, kata Humas Keraton Kasunanan Surakarta KRH Bambang Pradoto Nagoro,SH, di Solo, Senin.

Tarian itu akan dibawakan empat penari putri. Tarian itu menceritakan tentang perjuangan prajurit putri keraton ketika perang melawan kolonial Belanda.

Sementara itu, Panem Bromo akan dilbawakan penyanyi dari keraton, digabung dengan warga keturunan Jawa atau yang lain yang telah menetap di daerah tersebut.

Menurut dia, acara seperti ini tidak hanya digelar kali ini tetapi sudah berkali-kali, terutama bagi masyarakat keturunan Jawa yang berada di daerah dekat perbatasan dengan Malaysia ini.

Budaya Jawa di daerah ini berkembang pesat dan hampir setiap radio di daerah tersebut memiliki program siaran budaya Jawa.

"Jadi kami beserta rombongan ke Kalimantan Timur ini untuk memberikan wawasan perkembangan budaya bangsa Indonesia," katanya.

PB XIII Tejowulan yang sekarang juga masih aktif sebagai TNI yang berpangkat kolonel, akan memberikan pengarahan kepada warga di sana mengenai ketahanan nasional dan cinta Tanah Air.(*)

-

Arsip Blog

Recent Posts