Festival Budaya dan Kuliner Sumut, Gubsu Peragakan Memasak Tradisional

Medan, Sumut - Gubsu H Syamsul Arifin SE akan memperagakan keterampilannya memasak masakan tradisional bersama Muspida Plus Sumut dan beberapa konsul jenderal dan perwakilan negara sahabat di Taman Budaya Sumut di Medan yang digelar Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Sumut.

Ketua Presidium Forkala Sumut Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH dan Ketua Panitia Pelaksana Tengku Mira Sinar S.Sos menjawab wartawan di Medan, Sabtu (18/9) mengemukakan hal itu setelah sebelumnya pekan lalu melaporkan persiapan kegiatan ini kepada Gubsu.

Pada acara bertajuk Eksibisi Kuliner pada Sabtu 25 September 2010 mulai 09.00 WIB yang dikemas dalam Festival Budaya dan Kuliner Sumut ini dijadwalkan bersama Gubsu akan menampilkan kemampuannya memasak juga Kapolda Sumut, Pangdan I/BB, Ketua DPRD Sumut, Kajati Sumut, Komandan Lantamal I, Pangkosek Hanudnas, Kepala Pengadilan Tinggi Sumut, Walikota Medan, Kapolresta Medan, Rektor USU dan Dirut PT Bank Sumut.

Beberapa perwakilan negara sahabat yang juga diharapkan tampil memperagakan kebolehannya di bidang kuliner yakni Konsul Jenderal AS di Medan, Konsul Jenderal India, Konsul Jenderal Malaysia dan Konjen Turki. Sedangkan Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) juga dijadwalkan akan ikut memeriahkan eksibisi yang terbuka untuk umum ini.

Dijelaskan, Festival Budaya dan Kuliner Sumut ini sendiri dijadwalkan dibuka Gubsu pada Jumat 24 September 2010 pukul 15.00 WIB di Taman Budaya Sumut di Medan.

Dalam hal ini Gubsu juga turut selaku pengundang mengajak masyarakat beramai-ramai menyaksikan kegiatan bernuansa budaya ini. Pada acara pembukaan nanti akan disajikan Gebyar Multietnis Sumut dan masyarakat dapat menikmati sajian beraneka ragam penganan pada stand kuliner Multietnis Sumut.

Pada acara penutupan yang dijadwalkan pada Sabtu 25 September 2010 pukul 20.00 WIB (malam) akan dipagelarkan berbagai jenis atraksi seni dan budaya.

Pada Festival Budaya dan Kuliner Sumut ini juga diisi dengan berbagai perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat di antaranya Lomba Cipta Tari Multietnis Sumut memperebutkan Piala Gubsu, Lomba Peragaan Busana Multietnis Sumut memperebutkan Piala Kapolda Sumut, Lomba Menggambar memperebutkan Piala Pandam I/ Bukit Barisan dan Lomba Mewarnai memperebutkan Piala Forkala Sumut. (rel/ir)

-

Arsip Blog

Recent Posts