10 Provinsi Terpilih Penampil Terbaik Pawai Budaya

Jakarta - Kontingen sepuluh provinsi terpilih sebagai penampil terbaik dalam pawai budaya Nusantara 2013 bertema "Budaya Pemersatu Bangsa" di Jakarta, Minggu, yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia.

Ke sepuluh provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, dan Jawa Tengah.

Sebagai bentuk penghargaan kontingen budaya dari 10 provinsi itu menerima piala dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir acara.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa Dewan Juri akan memilih 10 penampil terbaik dengan mempertimbangkan beberapa kriteria pemilihan, yakni konsep garapan, kreativitas, dan penampilan tim secara keseluruhan.

Pada Minggu sore, Presiden Yudhoyono dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono membuka dan menyaksikan secara langsung Pawai Budaya Nusantara, yang terakhir kali diselenggarakan pada 2009 itu bersama dengan ribuan warga masyarakat.

Kepala Negara dan Ibu Ani yang kompak mengenakan busana berwarna orange terlihat turut larut dalam keriuhan yang ada dan beberapa kali bertepuk tangan saat menyaksikan aneka tarian dan mobil hias yang lewat.

Dalam pawai budaya kali ini warga tidak hanya berkesempatan menyaksikan aneka tarian tradisional dan pakaian tradisional namun juga miniatur bangunan khas kebanggaan masing-masing provinsi, antara lain miniatur Candi Borobudur, Tugu Yogyakarta, dan Ondel-Ondel raksasa.

Pawai Budaya Nusantara tersebut merupakan rangkaian kegiatan bidang seni dan budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013. Pawai tersebut rutin diselenggarakan setiap tahun kecuali tiga tahun terakhir karena peringatan Proklamasi Kemerdekaan jatuh bersamaan dengan Bulan Ramadhan.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan jika Pawai Budaya Nusantara itu melibatkan 4.000 seniman dari 33 provinsi yang terdiri atas pemusik, penyanyi, dan penari. Kalimantan Utara, provinsi termuda di Indonesia, tidak menyertakan defilenya kali ini.

Selain kontingen budaya dari 33 provinsi, Pawai Budaya Nusantara itu juga dimeriahkan oleh kontingen sejumlah BUMN yang menampilkan keunikan, tradisi, dan kreativitasnya masing-masing.

-

Arsip Blog

Recent Posts