Pesta Kesenian Bali Bakal Guncang Pulau Dewata

Bali - Pesta Kesenian Bali (PKB) atau Annual Bali Art Festival bakal kembali digelar pada 11 Juni hingga 9 Juli. Acara tahunan yang memasuki tahun ke-38 itu akan memanjakan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang berlibur di Pulau Dewata.

Pesta kesenian selama satu bulan penuh itu bakal dihelat di Taman Budaya Bali. ”Pesta ini selalu dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi seperti halnya tahun-tahun sebelumnya yang selalu dibuka Kepala Negara. Ini karena begitu besar makna acara ini buat rakyat Bali. Acaranya beragam dan bisa membuat wisatawan semakin nyaman di Bali dan semakin terpesona. Masyarakat Bali biasa menyebut dengan panggilan PKB,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Gede Agung Yuniartha dalam keterangan persnya, Selasa (7/6).

Menurut Agung, PKB merupakan sebagai wadah penggalian, pelestarian dan pengembangan seni budaya, telah dirasakan memberikan kontribusi dan motivasi yang tinggi kepada masyarakat dalam mengapresiasi dan meningkatkan mutu seni budaya di Bali. Pesta kesenian ini, lanjut dia, merupakan bagian dari usaha untuk menjaga peradaban Bali. ”Kami akan ambil tema dengan “Mencintai Tanah Kelahiran,” ungkapnya.

Acara PKB ini merupakan festival kesenian yang sangat besar dan menjadi agenda rutin. Pesta Kesenian Bali pertama kali diperkenalkan pada tahun 1979 dan yang memiliki ide atas penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ini adalah Alm. Ida Bagus Mantra. ”Kami ingin para pelaku seni yang ada di Bali selalu berinovasi dan selalu memberikan kreativitas-kreativitas terbaik yang mereka miliki,” kata agung. Pada pembukaan nanti rencananya menampilkan pawai kesenian dari sembilan Kabupaten dan Kota yang ada di Bali.

Agung menambahkan, tidak hanya menyusung pawai dari daerah di Bali, namun pihaknya juga mengundang daerah sekitarnya untuk ikut serta dalam memeriahkan pembukaan festival besar ini.

”Seperti tahun 2015 lalu bali mengundang NTT sebagai tamu kehormatan untuk ikut mengisi pawai ini. Dalam pawai ini mereka menampilkan pakaian adat daerah, tari-tarian, gambelan dan kesenian lainnya. Pawai ini dari tahun ke tahun biasanya dilakukan di seputaran Monumen Bajra Sandhi Denpasar dan pembukaan dari fetival Kesenian Bali ini akan di buka oleh Presiden atau Wakil Presiden. Setiap tahunPesta Kesenian Bali selalu memiliki tema-tema yang berbeda-beda dan yang memiliki arti tersendiri,” tuturnya.

Perhelatan PKB ini akan dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan, kerajinan rumah tangga, pameran industri kecil yang diikuti oleh banyak peserta. Menurut Agung, para pengunjung juga dapat menyaksikan teater Bali modern, festival kuliner yang banyak menyajikan makanan lokal khas daerah maupun makanan ringan, adapula pertunjukan musik, serta tari-tarian kontenporer yang sangat mengagumkan.

Selain itu, PKB juga akan dimeriahkan dengan aneka lomba, seperti lomba menulis sastra, kerajinan tangan, lukisan dan kompetisi lainnya juga akan dilaksanakan dan dimasukkan agenda. ”Tidak hanya itu PKB juga diisi dengan banyak acara parade seperti, Parade Kuliner, Parade Fashion, Parade Nglawang, Dramatari, Parade Gong Kebyar, Joged Bumbung dan lain-lainnya," paparnya.

Menpar Arief Yahya gembira dengan Bali Art Festival 2016 yang sudah ke-38 tahun dijalankan dengan konsisten itu. "Googling saja, Pemprov Bali cukup rajin me-maintaint informasin seputar Art Festival itu," ungkap Arief Yahya.

-

Arsip Blog

Recent Posts