10.000 Takir Akan Meriahkan Festival Jenang 2012

Solo, Jateng - 10.000 takir jenang akan memeriahkan Festival Jenang 2012 yang digelar Jumat (17/2) di Koridor Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah. Festival digelar dalam rangka hari jadi Kota Solo ke-267.

“Festival Jenang memang baru pertama kali diselenggarakan di Kota Solo. Event ini digelar salah satunya untuk menyemarakkan hari jadi Kota Solo yang ke 267,” jelas penggagas Festival Jenang 2012, Slamet Raharjo, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2012).

Selain itu, tambah Slamet, untuk melestarikan kuliner Jawa. “Tradisi membuat jenang memang mulai menurun. Karena itu, agar tidak semakin menghilang, melalui Festival Jenang ini kita dorong supaya tumbuh lagi. Bergairah lagi membuat jenang,” ujarnya.

Menurutnya, Festival Jenang 2012 akan diikuti sebanyak 100 peserta, baik secara pribadi maupun kelompok. “Kami juga tidak membatasi dari mana saja elemen masyarakat berasal. Karena prinsip kami melestarikan budaya, pengembangan pariwisata, dan pembauran sosial,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa masing-masing peserta diwajibkan membuat jenang merah putih, disamping dipersilakan membuat aneka macam jenang sesuai kreasinya. Setiap peserta diwajibkan membuat minimal 100 takir jenang. Jadi, nantinya akan ada 10.000 jenang yang disajikan di atas takir (wadah atau tempat makanan dari daun pisang dan sebagainya yang disemat dengan lidi pada kedua sisinya; limas/Wikipedia).

“Setelah selesai semua dibuat, keseluruhan jenang akan disajikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir,” tutupnya. (ftr)

-

Arsip Blog

Recent Posts