Borneo Extravaganza Dukung Target 245 Juta Perjalanan Wisata

Jakarta - Ajang dua tahunan Borneo Extravaza 2012 menampilkan keunikan pariwisata Kalimantan dalam bentuk pameran destinasi wisata, atraksi tarian dan budaya, fashion show busana serta penjualan berbagai kerajinan.

Event yang baru saja selesai digelar ini, tepatnya pada 19 – 21 Oktober 2012 di Mal Taman Anggrek, Jakarta, disambut sangat antusias oleh masyarakat. Selain menghadirkan peserta pameran dari Pemprov Kalimantan, Biro Perjalanan Wisata (BPW) juga ikut serta dalam pameran ini dengan menawarkan berbagai paket perjalanan wisata Kalimantan, serta pameran hasil kerajinan tangan Kalimantan.

Ajang Borneo Extaravaganza 2012 ini turut mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pencapaian target 245 juta perjalanan wisatawan nusantara di tahun 2012.

“Dalam mempromosikan daerah tujuan wisata, kita harus memenuhi konsep 3A yakni Atraksi Wisata, Akses dan Akomodasi. Atraksi Wisata maksudnya mempromosikan daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan, Akses maksudnya harus dipromosikan kemudahan untuk mencapai lokasi, Akomodasi maksudnya memaparkan alternatif untuk penginapan atau tempat tinggal selama melakukan wisata,” ujar M. Faried, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF).

Karena itu, disamping mengangkat keunikan dan keindahan alam dan budaya Kalimantan, dalam Borneo Extravaganza 2012 ini juga menggandeng Biro Perjalanan Wisata (BPW) untuk menawarkan berbagai paket perjalanan wisata ke Kalimantan.

Dalam acara tersebut, disamping akan menampilkan potensi ecotourism – seperti Hutan Konservasi Orang Utan Tanjung Puting, Diving di Kepulauan Derawan dan potensi sungai seperti River Cruise di Sungai Rungan dan Kahayan – juga menampilkan berbagai atraksi budaya Dayak, Tionghoa dan Tarian Melayu serta berbagai kerajian khas Kalimantan yang didatangkan langsung dari Kalimantan.

Pameran Permata Martapura dari Kalimantan Selatan dan Budaya seperti Dayak, Melayu, Tionghoa seperti di Singkawang Kalimantan Barat juga meramaikan acara Borneo Extravaganza 2012 ini.

Borneo Extravaganza merupakan ajang Promosi Pariwisata Kalimantan yang sudah diselenggarakan lima kali oleh Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri, KEMENPAREKRAF bersama ke-4 Pemprov Kalimantan. Sebelumnya, Borneo Extravaganza pernah dilakukan di Jakarta pada tahun 2004 dan 2006, dan di Bali pada tahun 2008 dan 2010.

-

Arsip Blog

Recent Posts