Festival Sriwijaya, Wujud Pelestarian Budaya Daerah

Lahat, Sumsel - Festival Sriwijaya yang sudah berlangsung sebanyak 20 kali ini untuk pertama kalinya dilakukan di luar kota Palembang.

"Festival Sriwijaya yang berlangsung di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan sebagai upaya dalam melestarikan budaya daerah sekaligus menarik minat wisatawan. Hal ini karena Fetival Sriwijaya menampilkan berbagai budaya daerah," papar Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Pernyataan tersebut diungkapkan Alex saat membuka Festival Sriwijaya XX dan Lahat Expo di Lahat, Senin (15/10) malam.

Penyelenggaraan Festival Sriwijaya XX dan Lahat Expo yang berlangsung selama tujuh hari itu juga diikuti utusan negara tetangga seperti Malaysia.

Selain itu pembukaan Festival Sriwijaya dan Lahat Expo juga diwarnai dengan pesta kembang api dan dimeriahkan puluhan artis ibu kota, diantaranya Maha Dewa, Ari Lasso, Judika, Mulan Jamela, Godbless.

Festival Sriwijaya XX dan Lahat Expo 2012 ini juga menampilkan berbagai kerajinan dari UKM yang berasal dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel serta beberapa provinsi di Indonesia.

Bersamaan Festival Sriwijaya dan Lahat Expo juga diberikan peanugerahan rekor Musium Rekor Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Lahat dengan tiga katagori yakni pemilik megalit terbanyak, kawasan dan data terlengkap tentang megalit.

Lebih lanjut gubernur mengatakan, penyelenggaraan festival yang baru pertama kali dilaksanakan di luar Kota Palembang itu merupakan gelaran budaya termeriah.

Kendati berlangsung selama tujuh hari namun diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan karena minat masyarakat cukup banyak.

-

Arsip Blog

Recent Posts