Pantai Baurung

Pernahkan anda mendengar mengenai pantai Baurung? Kali ini mari kita menapaki keindahan dari pantai baurung yang terletak di Sulawesi Barat, tepatnya di Campalagian, Kabupaten Polewali Mandari, Sulawesi barat. Ada keunikan dari pantai baurung yang tidak bisa kita temukan di pantai lain, pada bagian daratan pasir, jika bagian berpasir habis, maka kita tidak akan menemukan langsung bagian laut, tetapi kita akan menemukan sebuah delta sungai. Delta sungai yang terhubung langsung dengan pantai. Setelah menapaki bagian pasir, ada genangan air yang kedalammnya kurang lebih sepaha orang dewasa. Bagian inilah yang menjadi jeda antara pasir dan laut, daerah yang tidak berombak dan arusnya sangat rendah atau pekan. Daerah ini cukup aman untuk bermain air, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Setelah bagian yang aman untuk anak-anak tadi, maka akan kita dapati bagian yang nampak seperti pulau. Tempat ini biasanya digunakan untuk bermain bola oleh remaja-remaja yang datang berkunjung. Setelah bagian ini, terhamparlah laut yang luas di depan kita

Pantai Baurung memang belum banyak dikenal orang, bahkan orang lokal sekalipun. Jarak menuju pantai ini sangat jauh dari keramaian, dan memiliki kondisi jalan kurang baik. Mungkin karena hal inilah, pantai ini tidak begitu dikenal. Bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin mencari ketenangan ketika berlibur. Pantai ini masih belum mengalami perombakan yang signifikan dari tangan-tangan terkain. Tetapi ada penambahan tanggul yang mempercantik pantaiu ini, ada juga puluhan pohon kelapa tinggi menjulang, pemandangan lainnya adalah sapi-sapi yang sedang merumput di sekitar pantai baurung. Bekas-bekas penebahan pohon kelapa tua yang tersusun dengan rapi cocok untuk dijadikan objek foto bagi anda yang menyukai fotografer.

Pengunjung dapat melihat sunset atau sunrise di pantai baurung. Namun, untuk melihat matahari tenggelam di balik gunung dari pantai pasti masih merupakan pemandangan yang jarang. Wisatawan akan melihat pesona yang luar biasa ketika menjelang senja. Kala air yang membiaskan cahaya jingga dari matahari yang mulai bersembunyi di balik selimut pegunungan, anda dan keluarga akan mendapatkan suasana pantai yang benar-benar romantis. Ombak di pantai Baurung relatif tenang, cocok untuk berenang tetapi tidak memungkinkan untuk melakukan surfing.

***

Sumber: www.pantai.org
-

Arsip Blog

Recent Posts