Malaysia Dominasi Kejuaraan Internasional Sumpit

Pontianak, Kalbar - Pesumpit Malaysia kembali berjaya di Turnamen Internasional Sumpit Kalimantan (Ibost) 2012 di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), yang berakhir pada Minggu (7/10).

Mereka mendominasi perolehan nilai tertinggi di kelas favorit dan bergengsi dari 10 kategori lomba.

Di kategori bull eyes putra, pesumpit dari negeri jiran tersebut memborong semua perolehan juara. Pesumpit tersebut ialah Bong Chen dari SDNU Serawak, Nelson George dari Samarahan, dan Ngelai Udin dari Perkumpulan Sumpit Julau, Serawak.

Sedangkan kategori bull eyes puteri, Juara I diraih Rita Hairul dari Bontang (Kalimantan Timur), Juara II diraih Lia Charoline dari Kota Singkawang, (Kalbar), dan Juara III disabet Veronica Fifi dari Kota Pontianak (Kalbar).

Dominasi pesumpit Malaysia juga terjadi di kategori perseorangan berdiri putra dan putri serta perseorangan jongkok puteri. Mereka memborong seluruh juara di tiga kategori tersebut. Pesumpit Malaysia pun berhasil memboyong juara I untuk kategori perseorangan jongkok putra dan beregu putri.

"Pesumpit Indonesia bagus-bagus juga. Cuma nasib kami lebih baik sehingga juara," kata pesumpit Nelson George,52.

Prestasi gemilang pesumpit tuan rumah, Kalbar terjadi di kategori beregu putra. Wahyu, Benny Budi Anjiu dan Leo Dedy Anjiu berhasil menempati peringkat pertama. Beni dan Leo juga meraih juara II dan III untuk kategori perseorang jongkok putra.

Dominasi Malaysia juga terjadi di Ibost I pada tahun lalu di Singkawang. Mereka ketika itu hanya menyisakan juara III di kelas beregu putra dan beregu putri untuk kontingen Indonesia.

"Yang cukup membanggakan pesumpit kita rata-rata masih muda sedangkan Malaysia sudah senior," kata Leo.

-

Arsip Blog

Recent Posts