RI Raih Penghargaan ‘Budaya Terbaik’

Venlo, Belanda - Dari total 42 negara peserta Floriade 2012 di Venlo, Belanda, Indonesia dinobatkan sebagai terbaik dan meraih "The Best Cultural Performance Pavilion Award".

Pemberian penghargaan tersebut disampaikan kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai wakil pemerintah Indonesia pada penutupan Floriade, Minggu (7/10).

"Paviliun Indonesia termasuk yang paling banyak didatangi pengunjung. Dengan kegiatan budaya yang sangat aktif, semakin banyak orang mengenal budaya Indonesia dan dengan itu diharapkan orang menjadi tertarik untuk datang ke Indonesia," ujar Dubes kepada detikfinance seusai penutupan.

Selama enam bulan (5 April sampai dengan 7 Oktober 2012) berlangsungnya Floriade 2012, Indonesia selain mengisi penampilan budaya dan promosi lintas bidang di paviliun sendiri juga beberapa kali mendapat kehormatan tampil di Amphiteater, yakni panggung utama Floriade.

Bahkan sampai detik terakhir menjelang penutupan, Indonesia masih menampilkan kegiatan budaya di paviliun sendiri yang mengangkat tema Indonesia Spice Islands dan masih menyedot perhatian.

Sementara itu CEO Floriade Paul Beck, Belanda kelahiran Semarang, dalam upacara penutupan mengatakan bahwa Floriade kali ini dikunjungi oleh 2.046.684 orang. Selain Indonesia, Beck juga mengumumkan Het Huis van Smaak berhak atas Floriade Award sebagai penampil bunga dan buah terbaik.

"Para peserta telah mengerahkan penampilan terbaiknya sesuai visi kami. Namun kegiatan business to business (B2B) di semua paviliun juga sangat penting. Sektor pariwisata dan investasi juga mendapat manfaat sangat besar dari pameran kelas dunia ini," demikian Beck.

Floriade ini diselenggarakan setiap 10 tahun sekali. Floriade 2012 di Venlo mengangkat tema Be Part of the Theatre in Nature, Get Closer to the Quality of Life (Jadilah Bagian dari Teater Alam, Mendekatlah ke Kualitas Hidup), mencakup lahan pameran seluas 66 hektar, diikuti oleh 42 negara.

Sebelumnya Indonesia telah berpartisipasi dalam Floriade 2002 di Haarlemmermeer dan Floriade 1992 di Zoetermeer.

-

Arsip Blog

Recent Posts