Taman Sri Deli Akan Dilengkapi Panggung Budaya

Medan, Sumut - Taman Sri Deli Medan, Sumatera Utara, akan dilengkapi dengan panggung terbuka untuk acara seni dan budaya tradisional di daerah itu.

"Pada 2013 kami harapkan panggung tersebut sudah bisa digunakan untuk pagelaran seni dan budaya," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan Agus Suryono di Medan, Selasa.

Menurutnya, pendirian panggung seni dan budaya di salah satu taman kota terbesar di Medan tersebut bertujuan menambah sarana rekreasi bagi masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Disbudpar Kota Medan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di daerah itu akan menyiapkan agenda pertunjukan seni dan budaya di panggung terbuka itu secara terjadwal.

Kegiatan pentas seni dan budaya, lanjutnya, merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke Medan.

"Melalui panggung terbuka itu, para wisatawan bisa menyaksikan beragam seni dan budaya khas di Sumatera Utara," ujarnya.

Agus mengakui, di Ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu selama ini tergolong sangat minim kegiatan pementasan seni dan budaya yang digelar secara rutin di tempat umum.

Taman Sri Deli yang berlokasi di pojok persimpangan Jalan Sisingamangara dengan Jalan Masjid Raya Medan dinilai salah satu lokasi strategis untuk acara pementasan seni dan budaya.

Sebab, di sekitar lokasi tersebut banyak terdapat hotel dan penginapan yang selama ini dihuni para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke berbagai objek wisata lain di Sumut.

Dikatakannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Disbudpar akan terus berupaya meningkatkan kualitas penataan sarana pariwisata di daerah itu.

"Upaya ini kami lakukan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di bidang industri pariwisata," katanya.

Disebutkannya, Pemkot Medan tahun 2012 menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daerah itu bisa mencapai sedikitnya 250 ribu orang.

Sementara itu, pengamat pariwisata Dedi Nelson Fahrurrozy menilai, Medan perlu segera dilengkapi sarana untuk kegiatan pementasan seni dan budaya secara rutin.

"Acara pementasan seni dan budaya ini juga hendaknya dikemas secara baik, sehingga dapat menberi daya tarik bagi wisatawan," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts