Provinsi Riau Pastikan Andil dalam Parade Tari Nusantara ke- 35 di TMII

Jakarta - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dipastikan akan ikut ambil bagian dalam Parade Tari Nasional ke -35 yang akan diselenggarakan di Taman Mini "Indonesia Indah" (TMII) Jakarta pada tanggal19-20 Agustus 2016 mendatang.

Dalam agenda rapat pengelola TMMI di Hotel Desa Wisata, seluruh perwakilan dari Dinas Kebudayaan di Indonesia tampak hadir memenuhi undangan rapat pemaparan pra-iven nasional tersebut, Rabu, (23/03/2016) di Komplek TMII Jakarta.

Tampak hadir perwakilan dari Provinsi Riau, KUPT Museum dan Taman Budaya, Sri Mecka, Kasi Taman Budaya Evie Andriana dan UPT Anjungan Riau Zulfikar.

"Kita hadir disini memenuhi undangan dari pihak panitia yakni, Bidang Program Budaya Taman Mini Indonesia Indah Ertis Yulia, dalam rangka perencanaan iven Parade Tari Nasional 2016 yang akan diikuti seluruh perwakilan Provinsi termasuk kita dari Riau," ungkap Sri Mecka kepada GoRiau.com.

Ketika ditanya tarian atau persembahan apa yang akan ditampilkan dalam parade tersebut, Sri Mecka belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena memang belum ditentukan pihak panitia.

"Acara kan belum selesai, kita masih menunggu apakah kita boleh menentukan sendiri, atau menunggu reques dari mereka (Panitia,red). Namun yang pastinya nanti setelah ditentukan kita dalam waktu dekat akan langsung mengadakan audisi yang melibatkan sanggar dan Kabupaten se Provinsi Riau, untuk kemudian kita ambil yang terbaik guna tampil di acara puncak parade bulan Agustus nanti," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasi Taman Budaya Riau Evie Andriana, dirinya mengaku berterimakasih kepada pihak Panita, karena Provinsi Riau mendapat kehormatan untuk ikut andil dalam parade tersebut.

"Pada intinya kita sangat mengapresiasi kepada pihak TMII yang akan mengadakan acara parade ke 35 ini, kalau soal tekhnisnya kita belum bisa memastikan, karena harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan berbagai pihak termasuk dengan Panitia dan Pemerintah Provinsi Riau sendiri," ujarnya.

Sekedar informasi, acara Parade Tari Nusantara yang ke 35 ini, merupakan sarana apresiasi masyarakat terhadap seni tari daerah, serta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam upaya pelestaruan dan pengembangan seni tari secara nasional.

Selain itu acara ini juga sekaligus menjadi wadah apresiasi, kompetisi dan evaluasi dalam hal kreatiivitas penggarapan/karya seni tari guna memacu para penata tari dalam memperkaya perbendaharaan khasanah seni tari daerah.

"Diharapkan acara ini nantinya juga meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kualitas para seniman/wati khususnya dari Provinsi Riau," ungkap Sri Mecka lagi.

Disamping itu kata Mecka, acara ini juga sangat bagus karena bisa meningkatkan pengetahuan, wawasan dan apresiasi budaya antar pelaku seni. "Acara ini juga sekaligus memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan produk karya seni daerah, khususnya garapan baru yang bernuansa tradisi khas daerah dari seluruh Provinsi termasuk Riau," ujarnya.

Adapun penghargaan atau piala yang akan diperbutkan dalam parade tari tersebut nantinya juga akan dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya untuk wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau, Jambi, Kepri, Babel, Sumsel, Bengkulu dan Lampung, nantinya akan memperebutkan "Parama Natya Budaya Swarna Dwipa".

Untuk wilayah Jawa dan Bali yakni "Parama Natya Budaya Jawa Bali Dwipa". Semantara untuk wailayah Nusatenggara, Maluku dan Papua, "Parama Natya Budaya Eksotika Indonesia Timur". Dan untuk wilayah Sulawesi "Parama Natya Budaya Eksotika Sulawesi", serta wilayah Kalimantan dengan sebutan "Parama Natya Budaya Eksotika Kalimantan".

Dari pantauan GoRiau.com, dalam acara pemaparan dan persiapan Parade Tari Nasional di Komplek Hotel Desa Wisata, tampil sebagai salah satu narasumber, yakni musisi dan pengamat musik serta tari nasional Bens Leo.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign