Parade Batik Nusantara: Bentang Batik Sepanjang 446,6 Meter

Bandung, Jabar - Hari Batik Nasional di Kota Bandung, Jawa Barat, diperingati dengan parade batik panjang se-Nusantara, Minggu (3/10).

Kegiatan tersebut juga merupakan sarana sosialisasi batik kepada masyarakat. Kain batik sepanjang 446,6 meter, lebar 1 meter dengan 407 motif, dan 112 komposisi warna khas batik Nusantara dibentangan di Jalan Dago yang saat itu sedang diberlakukan car free day. Sebanyak 446 sukarelawan dari mahasasiwa ITB, Itenas, dan komunitas Sapedah Baheula membantu memegang kain batik berbahan katun itu. Mereka berdiri di atas trotoar kurang lebih 30 menit untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melihat keaneragaman corak batik di Indonesia.

Kain batik yang pernah mendapat penghargaan dari Guinnes World Record tahun 2005 itu kemudian digulung kembali untuk dikembalikan ke Yayasan Batik Indonesia yang rencanakan bakal menggelar acara serupa di Jakarta, pertengahan Oktober mendatang.

"Sebagian besar masyarakat tidak tahu bahwa setiap daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke memiliki corak batik berbeda. Melalui acara ini, kami berharap masyarakat semakin mengenal ragam batik nusantara dan bangga ketika menggunakan baju batik," ujar Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Sendy Dede Yusuf.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengakuan Unesco terhadap batik sebagai warisan budaya bukan benda dari Indonesia, harus dijadikan cambuk bagi semua pihak untuk terus mempopulerkan batik. Sebab, jika batik tidak dilestarikan, Unesco sewaktu-waktu dapat mencabut pengakuan tersebut. (AX/OL-2)

-

Arsip Blog

Recent Posts