Temanggung Gelar Festival Budaya

Tamanggung, Jateng - Pemkab Temanggung bakal menggelar puluhan acara untuk memeriahkan Hari Jadi ke-176 tahun Kabupaten Temanggung jatuh pada tanggal 10 November mendatang. Salah satu acaranya adalah "Festival budaya Temanggung 2010," yang akan melibatkan 100 lebih grup kesenian, Minggu (31/10) nanti.

Festival Budaya Temanggung 2010 sendiri akan didukung oleh 120 grup kesenian dari 26 jenis kesenian yang asli dan eksis di Temanggung. Even tahunan ini digelar di sepanjang jalan protokol kota sejauh 2 kilometer. Mulai dari Tugu Jam-Jalan Suprapto-perempatan BCA-Alun-alun hingga jalan MT Haryono Pandean.

Lima arena besar akan didirikan untuk mewadahi penampilan ratusan grup kesenian dan stan kerajinan serta kuliner khas daerah. Festival ini bersifat statis. Tiap titik lokasi akan dipergunakan grup kesenian untuk performance selama setengah jam dan penonton dibatasi jaraknya tidak terlalu dekat. Hal ini agar ribuan penonton tetap bisa menikmati atraksi masing-masing kesenian dengan leluasa dan puas.

Sekda Temanggung, Bambang Arohman, selaku Ketua Pelaksana mengatakan, perayaan ini terbuka bagi masyarakat umum, tidak hanya monopoli Pemkab sebagai penyelenggara.

Setidaknya, ada 20 rangkaian acara dalam tiga pekan ini untuk menyambut hari jadi kabupaten. Mulai dari berbagai kegiatan olahraga, kesenian, donor darah, pemberian bantuan bagi veteran, pergantian songsong makam bupati pertama Temanggung Djojonegoro, lomba burung merpati, lomba desain batik khas Temanggungan hingga tabur bunga dan resepsi.

-

Arsip Blog

Recent Posts