Sumut Kaya Peninggalan Sejarah

Medan, Sumut - Sumatera Utara merupakan salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan peninggalan sejarah dan budaya sejak masa prasejarah, masa Hindu Budha, masa pengaruh Eropa dan Barat, hingga kini.

Hasil penelitian menunjukkan sejak awal abad masehi beberapa kerajaan pernah berjaya di Sumatera, diantaranya kerajaan Melayu, Sriwijaya, Tulang Bawang, Panai, Samudra Pasai, dan Aceh.

"Kerajaan-kerajaan ini pernah mendominasi jalur perekonomian penting di Selat Melaka yang menghubungkan India, Arab, dan China," kata pembimbing edukasi Museum Negeri Sumatera Utara, Martini, kepada Waspada Online, sore ini.

Menurutnya, hubungan perdagangan yang terjalin dengan dunia luar ini, tampaknya juga menghasilkan dampak lain, selain ekonomi, yaitu penyiaran agama. Kekayaan budaya yang beraneka ragam menjadi modal dasar bagi masyarakat Indonesia.

Seluruh kekayaan budaya, katanya, merupakan aset dan warisan bangsa yang mempunyai arti penting sebagai bukti perjalanan sejarah bangsa. Sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan.

-

Arsip Blog

Recent Posts