Wisatawan Bisa Bentuk Tim Dragon Boat Race

Tanjungpinang, Kepulauan Riau - Panitia Dragon Boat Race 2009, tahun ini memberikan kesempatan kepada wisatawan mancanegara (wisman) untuk ikut berlomba. Mulai dari Dragon Boat Race, kayak dan renang. ”Program untuk peserta dari wisatawan ini adalah yang pertama kalinya kita laksanakan. Sebelumnya tidak ada,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Kota Tanjungpinang Abdul Kadir Ibrahim.

Masih kata Akib, panggilan akrabnya, tujuan program ini dilaksanakan untuk memberikan warna baru bagi para wisman yang ingin menyaksikan Dragon Boat Race yang akan digelar pada 6-9 November 2009 nanti. Sehingga tema kegiatan ini, berupa antraksi wisata dapat dirasakan para wisman. ”Mereka datang ke Tanjungpinang buka hanya menonton, tapi bisa ikut andil,” ujarnya.

Dijelaskan Akib, kalau sebelumnya yang ikut harus mempunyai lebel grup dari tempat mereka berasal, kini khusus wisman berbeda. Mereka hanya harus membentuk satu tim. Untuk menyukseskan program ini, ungkap Akib, pihaknya sudah melakukan promosi ke negara tetangga dan agen-agen biro perjalanan yang ada. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu Departemen Kebudayaan dan Pariwisata juga telah mempromosikan kegiatan ini ke manca negara.

Tahun ini, papar Akib, total hadiah yang diberikan juga meningkat, yakni mencapai Rp178 juta. Untuk pememang Dragon Boat Race, juara pertama mendapat Rp40 juta, kedua Rp25 juta, tiga Rp20 juta, dan harapan satu Rp10 juta. Lalu yang masuk nomor lima hingga 10, mendapat uang Rp2,5 juta.

Kemudian pemenang lomba kayak tunggal putra dan putri, juara satu dapat Rp4 juta, kedua Rp2 juta 250 ribu, ketiga 1,5 juta, dan keempat Rp1 juta. Untuk nomor gandanya, juara satu Rp3,5 juta, kedua Rp2 juta, ketiga Rp1,5 juta dan keempat Rp1 juta.

Sedangkan untuk renang putra dengan rute Tanjungpinang-Penyengat-Tanjungpinang, hadiah pertama Rp6 juta, kedua Rp5 juta, ketiga Rp4 juta, dan keempat Rp2 juta. Untuk kategori renang putri, Tanjungpinang-Penyengat dengan jarak 1900 meter, juara satu Rp4 juta, kedua Rp3 juta, ketiga Rp2 juta, dan keempat Rp1 juta.

-

Arsip Blog

Recent Posts