Dikukuhkan, Dewan Pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulawesi Utara

Manado, Sulawesi Utara – Badan Promosi Pariwisata Daerah Propinsi Sulawesi Utara (BPPD Sulut) atau North Sulawesi Tourism Board (NSTB) telah terbentuk melalui Peraturan Gubernur Sulawesi Utara nomor 24 tahun 2009.

Badan yang sangat strategis ini bertujuan mulia, antara lain untuk mengakomodir meningkatnya kunjungan wisata ke Sulawesi Utara, serta dengan ditetapkannya provinsi ini sebagai daerah tujuan wisata nasional sehingga perlu peningkatan citra.

Disamping itu, berbagai sarana penunjang industri pariwisata telah siap, termasuk didalamnya industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) sebagai bagian integralnya. Sulawesi Utara telah terbukti berhasil menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional seperti World Ocean Conference 2009, Coral Triangle Initiative Summit serta Sail Bunaken. Hal ini menjadi porto folio penting untuk melangkah lebih maju.

Peraturan Pemerintah Sulut yang ditanda-tangani Gubernur tersebut menegaskan bahwa Badan ini adalah murni swasta dan susunan organisasi badan ini terdiri atas Unsur Penentu Kebijakan dan Unsur Pelaksana. Sebagai pimpinan dalam unsur Penentu Kebijakan, seperti tersurat dalam Keputusan Gubernur Sulawesi Utara nomor 216 tahun 2009 tentang Penetapan Keanggotaan Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara, adalah Haryanto Adikoesoemo, yang dibantu oleh wakil ketua Shinta Kamdani dan sekretaris Dino Antonio serta wakil-wakil dari asosiasi-asosiasi: unsur PHRI, ASITA, INCA, NSWA, unsur GM Hotel, unsur Chef Sulut, INACA, pakar industri pariwisata serta DR. Dessy Mantiri (tokoh masyarakat dan akademisi).

Haryanto Adikoesoemo, yang dikenal sebagai entrepreneur dan Presiden Direktur AKRLand Development, mengatakan, ``Potensi pariwisata Sulawesi Utara sangat luar biasa. Potensi itu harus terus digali dan dibarengi dengan pemberdayaan seluruh sektor yang terkait dengan pariwisata. Bapak Gubernur telah mempercayakan kepada saya dan teman-teman di Unsur Penentu Kebijakan untuk bersama dengan semua pihak menguatkan pilar-pilar kepariwisataan di Sulawesi Utara,``

Pengukuhan Unsur Pelaksana diadakan di Manado Convention Center, Boulevard, Jl. Piere Tendean, pada Sabtu 24 Oktober 2009. Sebagai Direktur Eksekutif dipilih Widijanto, dibantu oleh empat direktur yang membawahi bidang-bidang yaitu: Direktur Bidang Promosi & Pemasaran, Ika Sastrosoebroto, Direktur Bidang Industri & Investasi, Lili Admodirjo, Direktur Bidang Pengembangan Produk Pariwisata, Bimo Mulyo dan seorang Direktur Keuangan.

Kedua unsur ini akan menjadi tulang punggung kebijakan-kebijakan kepariwisataan di Sulut seperti mempromosikan seluruh kekuatan sektor pariwisata keluar daerah bahkan keluar negeri, mempublikasikan secara lebih luas lagi seluruh potensi yang ada. Untuk itu, tidak terkecuali, seluruh komponen baik pemerintahan maupun masyarakat luas, profesional, pebisnis harus mendukung badan promosi yang independen ini. Meskipun NSTB sepenuhnya dibawah kendali swasta namun aktifitasnya tidak boleh menyimpang dari peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kini saatnya masyarakat Kawanua – Sulawesi Utara – bangkit dan bekerja lebih keras dan profesional lagi untuk menyambut kedatangan lebih banyak wisatawan dan pelaku-pelaku bisnis baik dibidang kepariwisataan maupun yang lain. NSTB akan menjadi wadah yang sangat efektif membangun perekonomian Sulut melalui sektor pariwisata.

-

Arsip Blog

Recent Posts