Pemerintah Kirim Misi Kesenian ke Inggris

Jakarta - Pemerintah mengirimkan misi kesenian untuk mengikuti program UK National Tour 2015-Discover Indonesia, yang diharapkan bisa menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia di Inggris.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan program UK National Tour 2015-Discover Indonesia diharapkan menjadi ajang pamer seni budaya Indonesia yang dikurasi dan terbesar di Britania Raya.

"Kami ingin program ini mampu mengangkat citra Indonesia sebagai negeri yang betul-betul Wonderful pada masyarakat Inggris dan dunia, bukan hanya keindahan alam tetapi juga kekayaan seni budaya yang unik dan beragam rupa," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan seni pertunjukan bisa menjadi media efektif untuk mempromosikan merek Wonderful Indonesia ke mancanegara.

Oleh karena itu pemerintah mendukung pemberangkatan tiga grup kesenian Indonesia yaitu; Kande (musik rock-etnik dari Aceh), Papermoon Puppet Theatre (teater boneka kontemporer dari Jogja), dan Soerya Soemirat (sanggar tari klasik Jawa dari keraton Mangkunegaran Solo) ke Inggris.

Tim kesenian itu akan mempromosikan Wonderful Indonesia dalam pentas keliling mereka di kota-kota besar negara bagian Inggris Raya dalam program UK National Tour 2015 - Discover Indonesia pada Agustus-September 2015.

Tim kesenian Indonesia akan tampil di gedung-gedung kesenian bergengsi di beberapa kota besar di tiga negara bagian Inggris seperti Edinburgh, London, Glasgow, dan Cardiff.

"Inggris adalah salah satu pasar potensial pariwisata kita, karena itu menancapkan branding Wonderful Indonesia di publik Inggris menjadi sangat penting," katanya.

Ia menjelaskan, tur tim kesenian Indonesia digelar untuk merespons undangan dari beberapa pengelola festival dan gedung kesenian di Inggris yaitu C Venues Edinburgh-Inggris, Southbank Centre London-Inggris, Cryptic Glasgow-Skotlandia, Wales Millennium Centre Cardiff - Wales.

Mereka pernah terbang ke Indonesia untuk menyaksikan Indonesia Performing Arts Market (IPAM) 2013.

"Mereka terpesona dengan seni budaya Indonesia dengan segala keunikan dan warna-warninya baik tradisional maupun kontemporer lalu memutuskan untuk bekerja sama membuat festival khusus tentang Indonesia bertajuk Discover Indonesia," kata Arief.

Selain menyuguhkan pentas musik, tim juga menggelar lokakarya dan diskusi para seniman Indonesia bersama komunitas seni lokal dan khalayak umum di Inggris.

Selain grup kesenian dari Indonesia, tiap pengelola itu juga menghadirkan grup-grup kesenian lokal, yang juga akan menampilkan karya-karya Indonesia.

Rumah produksi seni Cryptic di Glasgow telah merancang program residensi dan pameran seni rupa untuk Jompet Kuswidananto, pameran fotografi, pemutaran film, diskusi sastra, serta bazaar kuliner Indonesia.

Menurut Menteri Pariwisata, Inggris merupakan satu dari 18 negara yang menjadi pasar utama pariwisata Indonesia.

Pada Januari-Maret 2015, wisatawan berkebangsaan Inggris yang berkunjung ke Indonesia tercatat 51.663 orang atau tumbuh 5,71 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014.

Summer Xia, Acting Country Director British Council, mengatakan program itu menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan kesenian Indonesia kepada dunia.

"Kelompok seniman yang dipilih melibatkan banyak medium menunjukkan Indonesia mempunyai kekayaan dan keseniannya," katanya.

Program itu, ia mengatakan, juga diharapkan bisa memperkuat hubungan dan pertukaran budaya Inggris dan Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts