Pekan Batik Internasional di Pekalongan Tonjolkan Budaya Nusantara

Pekalongan, Jateng - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bekerjasama dengan seniman Pekalongan Jlam prang Karnival akan mengangkat tema "Pelangi Budaya Nusantara" pada kegiatan festival Pekan Batik Internasional di Pekalongan, 30 Juli hingga 2 Agustus 2015.

Ketua Pekalongan Jlamprang Karnival, Eka Wahyu Prabowo di Pekalongan, Senin (27/07/2015), mengatakan bahwa tema "Pelangi Budaya Nusantara" ini melambangkan keberagaman etnis dan budaya masyarakat Kota Pekalongan.

"Selain itu, tema pelangi ini mengandung arti bahwa batik pesisiran Pekalongan yang memiliki warna-warna cerah seperti pelangi," katanya.

Ia mengatakan kegiatan tahunan ini merupakan salah satu upaya masyarakat setempat dalam menjaga eksistensi batik Kota Pekalongan.

"Oleh karena itu, kami berharap pada masyarakat dapat turut serta mengikuti kegiatan sebagai bentuk apresiasi terhadap batik pada festival PBI,"katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Budi Wibowo mengatakan pemkot akan menggandeng sejumlah komunitas berpartisipasi menyukseskan agenda Pekan Batik Internasional yang akan digelar mulai 30 Juli 2015.

"Para komunitas ini nantinya akan dilibatkan langsung pada agenda karnaval yang diadakan 2 Agustus mendatang," katanya.

Menurut dia, komunitas ini berperan dalam mengamankan kegiatan karnaval, seperti menjadi barikade.

"Sekitar 15 komunitas yang menyatakan bersedia menjadi relawan pada agenda PBI 2015 yang siap menyukseskan kegiatan karnaval," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts