Rindu Kampung Halaman? Ke Taman Mini Aja

Oleh Icha Rastika

Anda rindu kampung halaman, tapi belum berkesempatan untuk mudik? Jangan khawatir. Mungkin dengan berkunjung ke anjungan adat di Taman Mini Indonesia Indah, rasa rindu terhadap kampung halaman dapat terobati.

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII memiliki 32 anjungan adat yang mewakili provinsi-provinsi di Indonesia. Menurut Manajer Informasi TMII, Jaya Purnawijaya, anjungan adat merupakan salah satu wahana Taman Mini yang ramai di kunjungi saat libur Lebaran.

Selain karena gratis, anjungan menjadi favorit pengunjung asli luar Jakarta karena menurut Jaya, dengan berkunjung ke anjungan provinsi asal, rasa rindu pengunjung terhadap kampung halamannya dapat sedikit terobati.

"Anjungan juga menjadi favorit masyarakat daerah yang enggak sempat pulang kampung, tapi ingin menikmati suasana kampungnya," ujarnya di TMII, Jakarta Timur, Minggu (12/9/2010).

Untuk menjawab kerinduan pengunjung terhadap suasana di kampung halamannya itu, pengelola TMII sebisa mungkin menciptakan suasana anjungan senada dengan provinsi yang diwakilinya. Beberapa anjungan tampak menggelar pertunjukan daerah provinsi masing-masing. Seperti halnya anjungan Jawa Tengah yang menggelar pertunjukan musik campur sari diiringi alunan gamelan. Serta anjungan Sumatera Barat yang menggelar pertunjukan musik, lagu, dan tari Sumatera Barat.

Makanan-makanan asal provinsi-pun tampak tersedia di tiap anjungan. Seperti gudeg di anjungan Yogyakarta, Pempek di anjungan Palembang, atau Pecel Wonogiri di anjungan Jawa Tengah, serta Sate Padang di anjungan Sumatera Barat.

Seorang pengunjung, Nunik (43) asal Temanggung Jawa Tengah mengaku sengaja mendatangi anjungan Jawa Tengah untuk menonton campur sari bersama keluarga. Nunik yang tidak mudik ke kampungnya kali ini memilih mengunjungi anjungan TMII untuk berlibur sekaligus berfoto. "Foto-foto nih sama anak-anak," tuturnya.

Memang, diakui Nunik, dekorasi anjungan Jawa Tengah sedikit mengobati kerinduannya terhadap kampung. "Ada rumah joglo, mirip sama di kampung," katanya.

Selain rumah adat, anjungan provinsi di TMII juga dilengkapi miniatur tempat wisata khas provinsi seperti candi di provinsi-provinsi Pulau Jawa, atau kesenian khas provinsi seperti miniatur lompat batu Nias. Jadi, tidak perlu risau kala rindu kampung halaman membuncah di dada.

-

Arsip Blog

Recent Posts