Turis Diajak Ikut Turun ke Ladang

Tanjunguban, Kepulauan Riau - Pemerintah Kabupaten Bintan tengah mengembangkan tujuan wisata dengan konsep pedesaan atau wisata pedesaan.

Turis yang berkunjung ke Bintan akan disajikan nuansa pedesaan, di mana lokasi yang dikembangkan yaitu pedesaan di Gunung Bintan.

”Wisatawan ditawarkan kegiatan di pedesaan seperti gotong royong menanam padi atau pohon, minum kopi atau teh di rumah masyarakat,” ujar Ketua Harian Bintan Tourism Board (BiTB) Sapril Sembiring, Selasa (1/12).

Selain itu, katanya para turis nantinya bisa juga diajak untuk membuat kerajinan yang ada di lokasi tersebut. Dijelaskan Sapril, pendekatan sedang dilakukan melalui aparatur pemerintah mulai dari kepala desa, camat dan Dinas Pariwisata agar turis juga bisa berkunjung ke pedesaan.

Terkait konsep ini, sejumlah dinas terkait serta masyarakat telah diberikan pengetahuan melalui kegiatan seminar. Utamanya camat, kepala desa dan masyarakat harus berperan serta untuk menyambut turis, mengingat turis akan dibawa ke alam pedesaan.

Terkait konsep ini, sebelumnya sejumlah turis yang berkunjung ke Bintan Resort Lagoi terutama pelajar Singapura kerap melakukan kerja bakti di sekolah atau pun masyarakat. Menurut Sapril, tidak hanya anak sekolah saja nantinya, juga berlaku buat keluarga. (cnt)

-

Arsip Blog

Recent Posts