Mencintai Indonesia Melalui Kain Tradisional

Jakarta - Indonesia memiliki ragam kebudayaan, yang salah satunya adalah kain tradisional. Melalui motif di kain-kain tradisional, kita bisa belajar mencintai Indonesia.

Minggu (26/4/2015) sore rumah bergaya betawi milik BI Heritage di Jalan Prapatan, Jakarta Pusat ramai dikunjungi orang-orang. Seluruh bagian rumah dihiasi dengan puluhan lembar kain nusantara dengan berbagai corak. Mulai dari batik bermotif kawung, songket, rangrang, hingga kain sutra sengkang, Sulawesi Selatan dipajang dan membuat ruangan lebih berwarna.

Jika dulu kain tradisional dinilai kuno dan ketinggalan zaman, kini citra kain tradisional dibuat sebagai identitas seorang warga Indonesia.

"Berkain harus menjadi identitas bangsa. Berkain akan menguatkan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia supaya kita tidak kalah dengan Malaysia dan India. Mereka sudah melekatkan identitas sejak dulu. Dengan berkain akan lebih kelihatan," kata Ketua Komunitas Berkain Indonesia, Sita Hany Mastuti saat berbincang dengan detikcom usai acara Woman Inspiring 2015 yang diadakan oleh Lions Club Indonesia.

Melalui komunitas ini, Sita ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai Indonesia melalui kain tradisional. Berkain sendiri adalah menggunakan kain tradisional dalam berbagai kegiatan. Tak hanya sekedar di acara resepsi pernikahan atau acara resmi lainnya namun juga ke mal.

Harapannya sederhana, ia ingin agar masyarakat tak lagi kaku melihat kain di tempat-tempat publik dalam suasana santai. Kesan tua pun ingin ia tanggalkan.

"Bagus tidaknya kain sangat tergantung pada selera berbusana dan cara seseorang memadu padankan kainnya dengan atasannya. Bisa dengan kemeja biasa, baju kaos atau blazer," ucap ibu 1 anak ini.

KCB ini memang menggiatkan kecintaan pada kain tradisional pada seluruh kalangan. Berkaca pada pengalaman pribadinya saat kecil, Sita menjelaskan ia sengaja menggaet ibu-ibu untuk menjadi anggota forum ini dengan harapan dapat menularkan cinta berkain pada anak-anaknya.

"Cinta dulu deh nanti pasti akan cari tahu soal kain-kain tradisional. Kalau sudah sering memakai, pasti akan jatuh cinta untuk terus berkain," pungkas sambil tersenyum.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign