Parade Makanan Puncak Perayaan HUT Binjai

Binjai, Sumut - Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Binjai ke 143 dimeriahkan Parade Makanan Tradisional dan pawai budaya 17 etnis, Senin (18/5/2015).

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi bersama Kapolres AKBP Mulya Hakim Solichin, Ka Kejari Binjai Wilmar Ambarita, Dandim 0203 Langkat , Letkol Inf Roy Hansen J Sinaga, Ketua DPRD Zainuddin Purba, Wakil Walikota Timbas Tarigan, berbaur bersama ratusan warga mencicipi berbagai makanan khas dari berbagai etnis yang ada di Kota Binjai seperti etnis Melayu, Aceh, Minang, Mandailing, India, Batak Toba, Karo, Banten, Jawa, Nias, Tionghoa. Parade makanan tradisional yang baru pertama kali digelar dan dipusatkan di lapangan Merdeka mendapat sambutan meriah dari warga Binjai.

Di lokasi serupa turut diserahkan bantuan pemberdayaan sosial dan usaha ekonomi produktif bagi wanita rawan sosial ekonomi, bantuan alat bantu dengar, kursi roda dan tongkat kaki tiga bagi penyandang cacat serta penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba karya tulis wartawan.

Walikota bersama unsur pimpinan daerah juga melepas karnaval budaya diikuti kendaraan hias dari seluruh etnis. Pawai kendaraan dimulai dari Lapangan Merdeka untuk berkeliling melintasi sejumlah jalan protokol.

Sebelumnya pada pagi hari, Walikota Binjai membuka pameran kerajinan rakyat bertema Binjai expo 2015 diikuti 33 stan, baik dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD maupun organisasi kemasyarakatan. Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita oleh ketua TP PKK Kota Binjai Lisa Andriani M Idaham

Walikota Binjai dalam sambutannya berharap di perayaan hari jadi Kota Binjai ke 143 ini, Kota Binjai semakin maju baik dari segi pembangunan infrastruktur, kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Beliau pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah kota untuk membangun Kota Binjai yang modern, dinamis, mandiri dan berdaya saing.

"Mari kita wariskan kota tercinta ini dengan segala hal yang positif kepada anak cucu kita," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Binjai, Eddy Gunawan, selaku ketua panitia menjelaskan, perayaan HUT Kota Binjai tahun 2015 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab sambungnya, selain menggelar perayaan yang bersifat seremonial, peringatan hari jadi Kota Binjai ke 143 juga sebagai ajang perpisahan Walikota Binjai yang akan mengakhiri masa jabatannya di akhir tahun 2015 ini.

Ia berharap, seluruh rangkaian acara memberikan kesan positif dan ingatan yang kuat kepada masyarakat tentang harmonisasi dan keanekaragaman etnis yang ada di Kota Binjai.

-

Arsip Blog

Recent Posts