Lomba Sampan Lopap Bakal Ditingkatkan

Bagansiapi-api, Riau - Kendati baru sebatas tahap ujicoba, namun kalangan Panitia Pelaksana Kabupaten Rohil menilai lomba sampan lopap hias dan sampan jaloe yang dipusatkan di Sungai Pabrik di bawah koordinir pihak Kecamatan Bangko menilai sudah tergolong sukses.

‘’Terus terang saja, kegiatan lomba sampan lopap hias dan sampan jaloe itu sukses. Dimana, jumlah pesertanya yang ikut cukup banyak. Malahan, masyarakat yang datang untuk menyaksikan kegiatan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Rohil ke 10 di sungai Pabrik itu cukup banyak. Luar biasanya sekali,’’ kata Sekretaris Panitia Pelaksana Hari Jadi Kabupaten Rohil, H Wazirwan Yunus S Sos Msi yang ditemui Riau Pos kemarin di Bagansiapi-api.

Mengingat kegiatan tersebut dinilai sukses sebagai jenis permainan rakyat, tambah Wazirwan Yunus, maka perlu untuk terus ditingkatkan lagi. Malahan, kegiatan tersebut direncanakan diadakan di setiap ada event terutama dalam mempromosikan kota Bagansiapi-api.

‘’Kita rencanakan seperti itu. Dimana, setiap ada event, kegiatan rakyat ini kita laksanakan. Sehingga, di setiap event itu, orang bakal ramai dikunjungi pengunjung,’’ kata Wazirwan Yunus.

Menjawab Riau Pos, Wazirwan Yunus menyarankan, di masa mendatang pelaksanaan permainan rakyat tersebut dipisah menjadi dua kegiatan yakni sampan lopap hias dan sampan jaloe yang dilakukan secara terpisah.

‘’Misalnya, hari ini khusus untuk lomba sampan lopap hias. Kemudian satu hari berikutnya lomba sampan jaloe. Dengan kondisi seperti ini, saya pikir sungai Pabrik itu bakal ramai terus dikunjungi pengunjung,’’ kata Wazirwan Yunus.

Sementara, pelaksanaan lomba sampan lopap hias dan sampan jaloe tersebut setidaknya telah memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya yang menjual barang dagangan seperti makanan dan minuman maupun buah-buahan yang ada di sekitar Kota Bagansiapi-api. Dimana, masyarakat tersebut mampu mengantongi masukan mencapai antara Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

‘’Hasil penjualannya ya lumayanlah. Bisa mengantongi Rp300 ribu. Kalau menjual di tempat lain, belum bisa dapat segitu. Untung saja di sini (Sungai Pabrik, red) ada kegiatan sehingga orang ramai berdatangan ke sini,’’ kata Siman (45) salah seorang pedagang buah-buahan. (sah)

-

Arsip Blog

Recent Posts