Celoteh Budak Sebauk Memesona di Lampung

Tanjungpinang, Kepri - Penampilan kelompok seni Celoteh Budak Sebauk dari Senggarang, Tanjungpinang, mampu memesona pengunjung yang hadir dari seluruh Indonesia di Lampung, Kamis (1/10) malam. Budak Sebauk yang berarti anak Sebauk, hadir di Lampung dalam iven keluarga berencana yang dikolaborasikan dengan perlombaan seni budaya yang digelar Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Lomba ini diikuti seluruh peserta dari 33 provinsi di Indonesia.

”Dewan juri lebih memokuskan pada pesan yang dibawa dari atraksi seni budaya itu sendiri. Penampilan Celoteh Budak Sebauk dari Tanjungpinang, mampu memikat pengunjung malam itu. Apalagi malam itu, juga tampil Wali Kota Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan yang didaulat membacakan puisi dan pantun,” kata Kabag Humas dan Protokol Setdako Tanjungpinang Drs Surjadi MT kepada Batam Pos, Jumat (2/10).

Menurut Surjadi, penampilan Celoteh Budak Sebauk, dan Wako Hj Suryatati, mendapat apresiasi yang meriah dari seluruh undangan seperti, pejabat-pejabat BKKBN Nasional, provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia. Termasuk, beberapa bupati dan wali kota seluruh Indonesia. Puisi yang begitu menyentuh, yang menggambarkan bahwa saat ini paradigma KB seolah-olah hanya kewajiban kaum perempuan saja, begitu menyentil dengan bahasa puisi dan pantun wali kota.

Sedangkan cerita yang ditampilan Budak Sebauk di panggung malam itu, mengisahkan bagaimana susahnya seorang nelayan tua, Tok Kadir yang memiliki 5 orang anak. Dalam cerita tersebut juga digambarkan bagaimana Tok Kadir sampai dikejar-kejar rentenir dan tukang kredit karena terlilit utang yang banyak demi memenuhi berbagai keperluan hidup anak-anaknya.

Penampilan Celoteh Budak Sebauk dikemas dalam sebuah sajian yang begitu atraktif oleh Hidayat, seorang guru di salah satu SD di Tanjung Sebauk, Senggarang. ”Dalam iven ini peserta lain menampilkan orang dewasa, tetapi Prov Kepri yang diwakilkan dari Tanjungpinang itu, justru menampilkan anak-anak kecil. Namun, memiliki talenta yang begitu besar dalam dunia hiburan,” ujar Surjadi. (git)

-

Arsip Blog

Recent Posts