Kesultanan Filipina Berharap Masyarakat Melayu Bersatu

Pangkalpinang, Babel - Kesulatanan Melayu Buayan Darussalam dari Filipina berharap masyarakat Melayu di seluruh Nusantara dapat bersatu menjelang realisasi Masyarakat ASEAN pada Desember 2015 mendatang.

"Terkait dengan akan dimulainya masyarakat ASEAN pada 2015 mendatang, kami berharap komunitas Melayu dapat bersatu untuk menyukseskan hal tersebut," kata utusan dari Kesultanan Buayan Darussalam, Mindanau, Filipina, Putri Azizian Utto Camsa di sela-sela kunjungannya menghadiri HUT Babel ke-12, Rabu.

Putri Azizian mengatakan, komunitas Melayu di Nusantara termasuk kelompok mayoritas sehingga persatuan komunitas Melayu sangat diharapkan untuk menyukseskan masyarakat Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang maju dan berkembang.

"Persatuan komunitas melayu harus dilakukan untuk mendorong perdamaian dan persamaan hak di kawasan Asia Tenggara, kalau masyarakatnya sudah maju, maka saya yakin pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia di kawasan juga maju," kata dia.

Selain itu, Putri Azizian mengatakan, bangsa Melayu memiliki nilai-nilai luhur yang potensial untuk diterapkan dalam memajukan masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

"Bangsa Melayu selalu menjunjung tinggi rasa toleransi, tenggang rasa, saling menghargai, dan bekerja keras, itu adalah hal-hal yang diperlukan dalam pembangunan kawasan." kata dia.

Putri dari Kerajaan Bangsa Moro, Filipina Selatan tersebut berkunjung ke Bangka Belitung, dalam rangka menghadiri perayaan HUT Negeri Serumpun Sebalai yang ke-12.

Putri yang lahir di Mindanao 54 tahun lalu itu terkenal aktif dalam mempromosikan persatuan komunitas Melayu se-Nusantara untuk perdamaian.

Masyarakat ASEAN, yang diharapkan dapat terwujud pada tahun 2015, akan didasarkan pada tiga pilar, yaitu komunitas keamanan, komunitas ekonomi dan komunitas sosial-budaya.

-

Arsip Blog

Recent Posts