Padang Gelar Pekan Muharam

Padang, Sumbar - Pemerintah Kota Padang menggelar Pekan Muharam dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1434 Hijriah di palataran parkir RTH Imam Bonjol mulai 9 hingga 14 November 2012.

"Pekan Muraham ini diikuti seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang," kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Syafril Basir, di Padang, Jumat.

Dia mengatakan, dalam Pekan Muharam ini digelar berbagai perlombaan yakni lomba qasidah rebana, lomba penyelenggaraan didikan subuh, lomba MSQ, dan lomba Nasyid antarpelajar SLTA se-Sumbar.

"Disamping itu juga diadakan bazar dari TP-PKK Kota Padang, PKK Kecamatan dan kelurahan serta pelaku usaha kecil menengah se-Kota Padang," katanya.

Dia menjelaskan, peringatan ini dapat mengambil makna hijrah Nabi Muhammad SAW yang merupakan perubahan besar terhadap peradaban manusia.

Pelajaran yang harus diambil dari peristiwa tersebut bagaimana Nabi Muhammad SAW mulai membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik.

"Keteladan Nabi Muhammad SAW tidak untuk ditawar-tawar, melainkan sebagai panutan bagi kita dalam kehidupan sehari-hari," sebutnya.

Dia menambahkan, semangat dalam membangun peradaban menuju tataran sosial yang lebih baik harus dilakukan Pemkot Padang sesuai dengan visi yakni kota metropolitan yang religius, aman dan sejahtera.

"Untuk itu, program dan kegiatan yang ditujukan sebagai proses pembinaan mental dan spiritual masyarakat harus semakin ditingkatkan, seperti pesantren Ramadhan, wirid remaja, didikan subuh, Juz`amma dan Amaul Husna terus bergema di berbagai penjuru Kota Padang," katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Padang, Al Amin, selaku Ketua Pelaksana Pekan Muharam mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyemarakkan tahun baru Islam 1434 H, menyiarkan agama Islam dan memupuk silaturahim antarsesama warga Kota Padang.

"Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan gema Muharam di Kota Padang," katanya.

Dia menambahkan, detik-detik pergantian tahun baru Hijriah akan diadakan acara Tabliqh Akbar yang akan disampaikan oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring.

"Disamping itu juga pencanangan puasa Senin Kamis kepada seluruh warga Kota Padang oleh Wali Kota Padang Dr Fauzi Bahar MSi, dan hiburan Islami bersama artis ibu kota diantaranya Opic," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts