Kuliner Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggulan Pontianak

Pontianak, Kalbar - Kota Pontianak, Kalimantan Barat, siap mencanangkan diri sebagai destinasi wisata Kuliner di 2013 ini. Beragam kuliner khas siap dieksplorasi wisatawan yang datang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pontianak Hilfira menjelaskan bahwa pemahaman kota wisata kuliner bukanlah sebuah momen ataupun pagelaran seperti yang sering diadakan oleh beberapa daerah untuk memperkenalkan kulinernya.

“Namun, wisata kuliner yang dimaksud Pemkot Pontianak adalah memberikan kesempatan kepada seluruh pihak, termasuk masyarakat luas, untuk mengeksplorasi budaya Pontianak melalui kuliner yang sangat beragam. Seperti, bubur pedas, kwetiaw, ikan asam pedas, kemudian sotong pangkong termasuk pisang goreng dan kopinya,” kata Hilfira di Pontianak, Kalimantan Barat.

Beberapa tempat makan, tambah Hilfira, ditemukan di beberapa ruas jalan di Pontianak, seperti Jalan Teuku Umar, Jalan Merdeka, dan beberapa ruas jalan yang memang menyediakan aneka makanan, mulai dari makanan berat hingga ringan.

“Bahkan, kalau di Jalan Teuku Umar itu malam hari tersedia buah-buahan, seperti durian, yang memang terkenal hingga ke luar negeri,” jelasnya.

Mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk kreatif, dijelaskannya, akan meningkatkan taraf perekonomian mereka. Meski, diakuinya, masyarakat sendiri saat ini masih sulit mengubah pandangan terhadap dunia pekerjaan yang cenderung masih berharap banyak dari Pemerintah.

“Sekarang saatnya merubah mindset masyarakat untuk menciptakan sendiri dunia kerja mereka sehingga ekonomi kreatif tercipta. Karena saat ini, Pemkot melalui Dinas Pariwisata akan membantu memfasilitasi masyarakat terkait usaha mereka di bidang apapun, termasuk yang mendukung program wisata kuliner di Pontianak,” pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts