"Pohon Uang" Ramaikan Maulid Nabi di Padangpariaman

Padangpariaman, Sumbar - Pohon uang atau "Bungo Lado" meramaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

"Bungo Lado di sini sudah menjadi tradisi setiap memperingati Maulid Nabi sekaligus wadah warga untuk menyumbang," kata Wakil Ketua DPRD Padangpariaman, Desril Yani Pasha di Padangpariaman, Jumat.

Desril yang juga Ketua Panitia peringatan Maulid Nabi di Nagari Parit Malintang itu menjelaskan, Bungo Lado berupa ranting-ranting pohon yang ditempelkan uang kertas.

Nominalnya beragam, ada yang hanya Rp1000 sampai Rp100 ribu ditempel di ranting-ranting yang juga dipercantik dengan kertas hias itu.

Pada Sabtu (26/1), masyarakat dari beberapa korong (desa) membawa "bunga lado" atau pohon uang, yang nantinya uang akan disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah.

Tahun lalu, kata Desril, uang dari "bungo lado" tersebut bisa terkumpul sebanyak RP40 juta.

Peringatan Maulid Nabi yang dikenal dengan "Mauluik" tersebut akan digelar bergantian di beberapa kecamatan selama beberapa bulan ke depan.

Tokoh masyarakat Sungai Sariak, Zahirman mengatakan, selain tradisi "Bungo Lado", Maulid Nabi juga diwarnai dengan tradisi "Malamang".

"Di setiap rumah warga membuat lemang untuk disumbangkan saat kegiatan Maulid dipusatkan di surau-surau," katanya.

Zahirman menjelaskan, masing-masing keluarga sedikitnya mengeluarkan biaya Rp500 ribu menyambut Maulid Nabi dengan "Malamang" yang dilakukan penuh keikhlasan tanpa paksaan.

Lemang itu sendiri terbuat dari beras ketan putih yang dimasukkan dalam batang bambu kemudian dibakar.

Lemang akan dibawa para ibu-ibu ke surau atau masjid tempat warga melakukan zikir dan berdoa.

"Malamang merupakan tradisi penghormatan bagi keluarga yang meninggal, selain itu juga dilakukan pada peringatan Maulid Nabi, tradisi ini akan terus kita lestarikan," tambahnya.

Selain "Malamang", Maulid Nabi yang biasa diperingati sampai tiga bulan di Padangpariaman itu, juga digelar acara berzikir di sejumlah surau suku sekaligus mengumpulkan sumbangan untuk pembangunan rumah ibadah sekaligus menjalin silaturahmi.

-

Arsip Blog

Recent Posts