Rumah Gadang

Rumah Gadang (Godang) adalah salah satu pernik nusantara yang berasal dari Provinsi Sumatera khususnya daerah Minangkabau, Rumah jenis ini banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjung.

Namun rumah dengan model ini juga banyak dijumpai di Negeri Sembilan, Malaysia, Rumah gadang ini biasanya didirikan pada sebidang tanah milik keluarga induk dalam suatu suku atau kaum secara turun temurun, dalam mendirikan rumah gadang ini ada aturan yang sepertinya sudah menjadi standarisasi, seperti jumlah kamar, tergantung pada jumlah anak gadis yang ada dalam keluarga tersebut. Setiap anak gadis yang bersuami memiliki kamar sendiri sedangkan anak gadis yang masih remaja menempati kamar yang ujung secara bersama sama, sementara orang tua dan anak kecil biasanya menempati kamar sebelah dapur.
Seluruh bagian dalam Rumah Gadang merupakan ruangan lepas kecuali kamar tidur. Bagian dalam terbagi atas lanjar dan ruang yang ditandai oleh tiang. Tiang itu berbanjar dari muka ke belakang dan dari kiri ke kanan. Tiang yang berbanjar dari depan ke belakang menandai lanjar, sedangkan tiang dari kiri ke kanan menandai ruang. Jumlah lanjar bergantung pada besar rumah, bisa dua, tiga dan empat. Ruangnya terdiri dari jumlah yang ganjil antara tiga dan sebelas.
***
Foto: rinaldimunir.wordpress.com
-

Arsip Blog

Recent Posts