Wayang Kontemporer Tampil di Thailand

Solo, Jateng - Koreografer Mugiyono Kasido (Mugi) akan menampilkan wayang kontemporer berjudul "Dewa Ruci" di Festival Wayang Chiang Mai, Thailand, pada 21-24 Februari mendatang.

"Aneka ragam wayang dari Asia akan dipentaskan dalam event yang bakal berlangsung pada 21 hingga 24 Februari 2013," kata Nuri Aryati, Program Director Mugidance—komunitas seni pertunjukan yang dirintis seniman Mugiyono Kasido.

Menurut Nuri di Solo, Senin, pertunjukan wayang itu akan melibatkan seniman dari negara lain seperti Thailand dan Korea Selatan.

"Sebenarnya ini kelanjutan kolaborasi dari tahun 2012 dan 2011 lalu, tetapi kali ini dipentaskan di Thailand dan karyanya agak berbeda," katanya.

Mugiyono mengatakan, kali ini dia fokus pada unsur-unsur wayang, tetapi tidak meninggalkan tarian.

Seniman dari Indonesia yang akan mendukung pertunjukan karya ini antara lain Dedek Wahyudi dan Peni Candrarini. Anak bungsu Mugi, Marvel Gracia, yang baru duduk di bangku taman kanak-kanak, juga akan ikut tampil.

Selain itu, ada juga Thitipol Kanteewong (komposer/pemusik) dan Ronnarong Khampha (penari) dari Thailand; serta Woo Min Young dari Korea Selatan (pemusik).

-

Arsip Blog

Recent Posts