Gelar Budaya Betawi, Kado untuk Jakarta

Jakarta - Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Minggu (22/6/2014), menggelar pertunjukan seni dan budaya betawi. Hal tersebut diadakan sebagai kado ulang ke-486 Kota Jakarta.

"Kita adakan gebyar pertunjukan seni dan budaya Betawi. Sekaligus kita rayakan ulang tahun Kota Jakarta," ujar pengelola Perkampungan Budaya Betawi, Indra Sutisna.

Dalam pertunjukan seni dan budaya Betawi tersebut, ditampilkan pertunjukan musik Gambang Kromong dari Grup Puja Betawi. Selain itu, warga yang datang akan dihibur dengan tarian betawi, nasyid, dan topeng blantek.

Pada bagian penutup, musik gambus bernuansa islami turut menghibur warga. Selain itu, kata Indra, dalam acara tersebut, pengelola juga menghadirkan patung-patung berpakaian adat khas Betawi. Hal ini bertujuan memberikan pengetahuan seputar tata cara dan pakem berpakaian khas Betawi.

Jenis pakaian khas Betawi yang ditampilkan adalah kebaya encim, kebaya panjang, kebaya pendek, baju jas serong, kebaya haji, kebaya enyak, dan kebaya krancang Betawi. Menurut Indra, meskipun kota Jakarta diisi oleh penduduk dari berbagai macam adat budaya, pelestarian budaya Betawi sebagai tuan rumah adalah sebuah keharusan. Terutama dalam hari jadi Kota Jakarta.

"Semuanya kita adakan sebagai kado untuk Kota Jakarta," ujar Indra.

-

Arsip Blog

Recent Posts