Gemerlap Budaya Nusantara

BANDUNG, Pesta seni budaya nusantara Kemilau Nusantara kembali digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Berbagai atraksi seni budaya dari 26 Kota dan Kabupaten se Jawa Barat serta sejumlah provinsi di Indonesia akan tampil pada acara bertajuk “Gemerlap Budaya Nusantara”.

“Tahun (2012) ini pesta seni budaya nusantara Kemilau Nusantara sudah memasuki tahun ke sembilan. Dengan ditetapkannya tahun 2009 sebagai tahun Indonesia Kreatif, dimana seni budaya diharapkan dapat menjadi salah satu tiang penyangga ekonomi kreatif, sangat tepat jika berbagai hasil ungkapan kreativitas anak bangsa itu ditampilkan dalam suatu pergelaran berupa karnaval atau pawai budaya dalam helaran Kemilau Nusantara 2012,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari, M.M. didampingi Kepala Bidang Pemasaran Dra. Siti Tohariah, kepada PRLM, Senin (10/9/12) bertempat di ruang kerjanya.

Dikatakan Nunung, seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemilau Nusantara 2012, yang akan digelar 5-7 Oktober 2012 mendatang akan dilaksanakan di sepanjang Jl. Diponegoro. Mengangkat “Gemerlap Budaya Nusantara” selain memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai cultural bagi masyarakat agar dapat menghargai warisan budayanya, juga menumbuhkan sikap saling mengenal, memahami, menghargai potensi-potensi keragaman seni budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tentunya kegiatan kita harapkan memberikan alternative model bagi industri budaya dan pariwisata. Pada gilirannya dapat menjadi even tahunan dan mendatangkan devisa bagi daerah maupun negara,” ujar Nunung.

Rencananya rangkaian kegiatan akan diawali dengan helaran Kemilau Nusantara pada Sabtu (6/10) mendatang pada pagi hari pukul 08.00 WIB. Sementara kegiatan pameran akan berlangsung 5-7 Oktober 2012, di sekitar area Gedung Sate mulai pukul 10.00 WIB hingga21.00 WIB, selain itu juga digelar lomba foto yang dilaksanakan Sabtu (6/10) .

Pada pelaksanaan Kemilau Nusantara tahun lalu, untuk helaran tingkat provinsi juara pertama direbut Provinsi Jawa Timur, Provinsi Papua (Ke-2), Provinsi Jawa Barat (Ke-3). Helaran tingkat kota/kabupaten juara pertama direbut Kabupaten Purwakarta, Kota Bogor (Ke-2), Kabupaten Tasikmalaya (Ke-3). Pameran/Stand terbaik kabupaten/kota di Jabar, ditempati Kota Cirebon (terbaik pertama), Kota Bogor (terbaik kedua), Kabupaten Cirebon (terbaik ketiga). Sedangkan Pameran/Stand terbaik tingkat provinsi ditempati Kalimantan Timur (terbaik pertama), Sulawesi Tenggara (terbaik kedua), Kalimantan Tengah (terbaik ketiga). (A-87/A-108)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com
-

Arsip Blog

Recent Posts