Festival Beduk, Penonton Pun Dapat Hadiah

Martapura, Kalsel - Festival Beduk se-Kalsel 2010 di halaman Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis malam (9/9/2010) besok, mendapat perhatian tersendiri dari Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh.

Bahkan secara khusus dia mengajak warga bersama-sama menyaksikan event berhadiah Rp 16,5 juta tersebut, sekaligus merayakan malam kemenangan Idulfitri 1431 H.

"Sesuai budaya masyarakat di daerah kita yang religius, ayo kita isi malam takbiran dengan menyaksikan festival beduk. Insya Allah meriah dan barokah," kata bupati bersemangat.

Untuk diketahui, ada enam finalis yang lolos dari babak penyisihan yang diikuti 19 tim peserta dari Banjarbaru dan Kabupaten Banjar di lapangan basket Hirang Putih Martapura, 28 Agustus lalu. Mereka adalah Asyyuban, Tarbiatul Aulad, Jamaatus Sabil, Irhamma, Darul Mustafa dan Darul Aman Almujtahid.

Kemarin semua persiapan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan dilakukan pihak Disbudpar Banjar. Sepuluh beduk berukuran besar ditata rapi di teras gedung Disbudpar Banjar. Sedangkan satu beduk yang disebut Gajah, ditaruh di halaman. Selanjutnya tinggal mengangkutnya ke tempat pelaksanaan festival di taman CBS.

Menurut Kadisbudpar Banjar Drs Syahda Mariadi MSi, ke-11 beduk tersebut dipersiapkan untuk tim finalis penabuh beduk. "Jumlahnya sesuai personel satu grup finalis, yakni 10 atau 11 penabuh beduk dan tiga sampai lima pembaca takbir," kata Syahda.

Syahda menambahkan, tak hanya juara yang bakal mendapat piala dan hadiah uang, masyarakat atau penonton pun berkesempatan mendapatkan doorprize dari Banjarmasin Post Group selaku pendukung utama acara.

"Syaratnya, masyarakat harus bisa menjawab pertanyaan panitia seputar tempat-tempat wisata di Kabupaten Banjar. Kuis berhadiah itu merupakan salah satu upaya kami mempromosikan objek wisata di kabupaten yang masyarakatnya dikenal religius ini," kata Syahda.

-

Arsip Blog

Recent Posts