Karnaval Budaya Masyarakat Lereng Merapi

Boyolali, Jateng – Ribuan masyarakat lereng Gunung Merapi-Merbabu memadati jalan sepanjang lapangan Samiran hingga Joglo Lencoh, rute karnaval budaya dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka tetap antusias dan tidak beranjak dari lokasi meski terik matahari.

Karnaval Budaya Merapi merupakan kegiatan tahunan, digelar setiap 17 Agustus atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan ini biasa digelar usai upacara bendera di lapangan Samiran, Selo. Kali ini, tak kurang ada 20 grup kesenian dari sepuluh desa berpartisipasi menunjukkan kreativitas mereka.

“Semua yang mengikuti karnaval dari wilayah Selo ada sepuluh desa, masing-masing dari mereka ada perwakilannya untuk ikut andil di Karnaval Budaya Merapi ini,” ujar Koordinator Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Kecamatan Selo, Agus Sutarjo, saat ditemui di tempat acara, Minggu (17/8).

Tak hanya tari-tarian tradisional, peserta karnaval juga menunjukkan budaya lokal seperti hasil pertanian maupun hewan ternak sapi. Kegiatan ini sendiri bertujuan agar budaya masyarakat setempat, khususnya di Selo terus dilestarikan.

-

Arsip Blog

Recent Posts