Demi Budaya Sulbar Rute "Sandeq Race" Diubah

Mamuju, Sulbar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) merubah rute Sandeq Race dalam rangka memajukan Provinsi Sulawesi Barat dengan semakin memperkenalkan kekayaan budayanya.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu (6/9), mengatakan, pada tahun 2014 ini bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Sulbar, 22 September, akan digelar kembali Sandeq Race.

Ia mengatakan, perahu Sandeq merupakan perahu layar tradisional masyarakat Sulbar, perahu tersebut merupakan kekayaan budaya maritim yang dimiliki Sulbar.

Menurut dia, Sandeq Race akan diubah lintasannya, tidak seperti tahun sebelumnya dari Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar menuju Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Tahun ini akan diubah, Sandeq Race akan dimulai dari Pantai Kota Makassar Provinsi Sulsel, menuju pantai Kota Mamuju," katanya.

Ia mengatakan, Sandeq Race akan digelar tersebut akan membutuhkan waktu selama 11 hari yakni dari 10 September sampai 20 September 2014.

Sandeq Race di pesisir pantai Sulawesi telah dibagi dalam tujuh etape diantaranya dari Makassar, Barru, Ujung Lero Kota Pare-Pare, Polewali, Majene, Sendana, dan Mamuju.

Gubernur mengatakan, dengan festival kebudayaan tersebut maka akan semakin memperkenalkan kekayaan budaya maritim Sulbar yang dapat mendorong pembangunan dari sektor budaya.

-

Arsip Blog

Recent Posts