Festival Menumbing Banyak Kemajuan

Muntok, Babel - Festival Menumbing 2014 yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Ke-280 Kota Muntok, Ibu Kota Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengalami banyak kemajuan dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya, kata Bupati Bangka Barat Zuhri M. Syazali.

Pada penutupan kegiatan Festival Menumbing ke-2 yang dilaksanakan di Lapangan Gelora Muntok, Minggu (7/9) malam, Bupati Zuhri mengatakan dari jumlah peserta maupun keragaman dan variasi yang disuguhkan cukup menarik dan bisa nenjadi alternatif hiburan masyarakat.

"Kami harapkan pada tahun depan lebih meriah karena akan bersamaan waktunya dengan acara berskala internasional yaitu Home Stay Fair 2015," ujarnya.

Ia mengatakan konsep acara yang disiapkan panitia untuk mengakomodasi seluruh pelaku adat, budaya, dan seni lokal juga patut diapresiasi mengingat daerah itu sudah memproklamasikan sebagai kota wisata sejarah dan budaya.

Pada peserta dan panitia, katanya, sudah mencoba menonjolkan khasanah budaya dan adat di daerah itu dengan cukup menarik.

Selain itu, hadirnya banyak komunitas yang ikut memeriahkan hari jadi Muntok juga memberikan warna dan harapan baru akan perkembangan kota pusaka tersebut.

"Pada perayaan tahun depan kami harapkan bisa ditingkatkan, mengingat pada 2015 perayaan akan bersamaan dengan penyelenggaraan Home Stay Fair atau pertemuan komunitas rumah singgah yang akan diikuti perwakilan dari 10 negara Asia Tenggara dan dari seluruh provinsi di Indonesia," kata dia.

Untuk mewujudkan hal itu, katanya, seluruh warga setempat bersatu padu dalam upaya menyukseskan kegiatan berskala internasional yang akan dikunjungi banyak utusan dari negara di Asia Tenggara.

"Pada kesempatan itu juga akan berkumpul para Abang Yang atau keluarga bangsawan Muntok yang saat ini tersebar di sejumlah negara dan di berbagai kota di Indonesia, untuk itu kita perlu persiapan lebih baik lagi," katanya.

Sebagai persiapan menyukseskan kegiatan itu, pemkab akan segera menyelesaikan pembangunan jalan dua jalur yang berada di pusat Kota Muntok hingga Pelabuhan Tanjung Kalian.

-

Arsip Blog

Recent Posts