Ikuti Festival Keraton Nusantara, Keraton Cirebon Kirimkan Ratusan Peserta

Cirebon, Jabar - Sebanyak empat keraton yang ada di Cirebon siap mengikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) IX di Bima, NTB. Mereka akan mengirimkan 200 peserta dalam kegiatan tersebut.

Adapun keempat keraton itu, yakni Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacribonan dan Keprabonan.

''Kami mohon doa restu dari masyarakat Jabar untuk mewakili Jabar, dalam rangka memperkenalkan sejarah, seni dan budaya Jabar di Bima, NTB,'' ujar Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat.

Sultan Sepuh menjelaskan, kontingen dari empat keraton itu akan mengikuti berbagai materi. Yakni kirab agung prajurit keraton, pagelaran tarian keraton, pameran benda keraton dan musyawarah sultan raja se-nusantata.

''Sebelumnya kami sudah mengadakan latihan, dan kami berharap jadi kontingen yang baik,'' tutur Sultan Sepuh.

Untuk menunjukkan kesiapan kontingen tersebut, para kontingen telah mengadakan gladi resik yang diadakan di Bangsal Pagelaran Keraton Kasepuhan, Ahad (31/8).

Sultan Sepuh menilai, FKN sangat bermanfaat untuk melestarikan adat budaya Cirebon. Selain itu, FKN juga bisa menjadi ajang promosi budaya dan pariwisata Jabar supaya dikenal lebih luas.

Sultan Sepuh berharap, FKN X nanti bisa dilaksanakan di Cirebon. Apalagi, Cirebon terakhir kali menjadi tuan rumah FKN II pada 1997 silam.

''Kami mohon dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat Jabar,'' tegas Sultan Sepuh.

Seperti diketahui, FKN IX tahun 2014 akan dilaksanakan di Bima, NTB, pada 6-10 September 2014. Kegiatan itu akan diikuti keraton/kerajaan se-nusantara.

-

Arsip Blog

Recent Posts